Sunday, September 15, 2019

Siklus Proses Pembelahan Sel (Cell Cycle)

Siklus sel


“Kisah-kisah” tentang sel sangat menarik untuk dibahas dan diceritakan, karena banyak sekali kejadian yang terjadi hanya dalam satu sel saja. Jadi bisa dipahami mengapa sel dan molekular cakupannya sangat luas.

Pada postingan hari ini, saya akan ber"kisah” tentang siklus sel yang terjadi secara ringkas saja. Rinciannya ada di postingan yang terpisah.

Pada dasarnya siklus sel dibagi menjadi dua fase: mitosis dan interphase. Mitosis (nuclear division) adalah tahap yang paling dramatik pada siklus ini, mulai dari pemisahan daughter chromosomes dan biasanya berakhir dengan cell divison (cytokinesis). Bagaimanapun juga, mitosis dan cytokinesis palingan hanya satu jam, artinya 95% siklus sel ini hanya untuk interphase. Interphase adalah periode antara mitosis.

Okay, kalau ada yang masih bingung antara mitosis dan cytokinesis, buang deh bingungnya. Mitosis dan cytokinesis itu terjadi di M phase (atau mitosis phase). Mitosis diistilahkan saat terjadinya pembelahan inti sel, sementara cytokinesis diistilahkan untuk saat terjadinya pembelahan sel itu sendiri, tentu saja termasuk plasma sel dan organelnya.

Lanjut ya. Jadi selama interphase, chromosome mengental dan menyebar ke penjuru nucleus, sehingga nucleus secara morfologi kelihatan satu warna, Secara molekular, interphase adalah waktu yang digunakan untuk sel tumbuh dan replikasi DNA.

Sel tumbuh dengan mantap selama interphase, mencapai dua kali lipat dari sebelumnya. Sebaliknya DNA yang disintesis hanya bagian dari interphase.

Penting untuk diingat bahwa waktu untuk sintesa DNA dibagi menjadi 4 fase, yaitu:
  • M phase, siklus mitosis yang biasanya berakhir dengan cytokinesis.
  • G1 phase (gap1), yaitu interval (gap) antara mitosis dan permulaan DNA replikasi. Selama G1, metabolisme sel aktif dan sel terus tumbuh, namun tidak terjadi replikasi DNA.
  • S phase (synthesis), saat inilah replikasi DNA terjadi. Setelah replikasi DNA komplit, lanjut ke fase berikutnya.
  • G2 phase (gap 2), pada fase ini sel terus tumbuh dan terjadinya sintesa protein untuk persiapan mitosis.
Durasi atau lamanya fase satu siklus sel sangat bervariasi antara satu jenis sel dengan jenis sel lainnya. Contohnya awal embyo sel yang baru saja terbuahi, perlu waktu hanya 30 menit (karena hanya perlu M phase dan S phase saja).

Buat penggemar tape atau peuyeum, ragi (yeast) yang biasanya dipakai untuk membuat tape, sel ragi hanya perlu waktu antara 1.5 dan 3 jam saja untuk satu siklus membelah. Bandingkan dengan siklus sel hati (liver) manusia yang perlu waktu hingga satu tahun untuk membelah.

No comments:

Post a Comment

@eerlinda2005