Saturday, September 28, 2019

Difusi dan transportasi pada membran sel

(Ilustrasi: Bunga buat Mable)

Setelah beberapa post tentang ginjal dan hormonnya, yang didiskusikan masih sekitar pengenalan hormon yang berperan di ginjal dan hormon yang dihasilkan ginjal. Selanjutnya akan didiskusikan bagaimana hormon itu bekeja setelah ia mencapai targetnya.

Untuk mengetahui cara kerjanya, beberapa istilah akan dijelaskan di sini terlbih dahulu, kali ini adalah tentang difusi.

Difusi adalah pergerakan bebas partikel (solute) melintas sebuah membran permeabel dari area yang konsentrasinya tinggi ke area yang konsentrasinya rendah (down a concentration gradient). Hal ini adalah untuk mengontrol perpindahan partikel dalam solusi dalam melintas berbagai membrane pada tubuh.

Difusi masuk dan difusi keluarnya partikel dari sel dan ruang cairan terjadi melalui energi dari vibrasi setiap single molekul. Pergerakan merupakan jumlah random yang memungkinkan terbentur satu sama lain dalam ruang yang terbatas. Setiap collision meningkatkan kecepatan pergerakan partikel.

Sebagai hasil dari collision, molekul dalam sebuah solusi akan menyebar secara rata pada ruangna yang tersedia. Partikel tersebut bergerak dari area yang jumlah (konsentrasi) tinggi ke rendah hingga jumlahnya sama atau seimbang. Ruang cairan dengan jumlah partikel yang banyak akan akam memiliki collision dan pergerakan yang lebih cepat dari pada cairan yang memiliki sedikit partikel.

Konsentrasi gradien eksis saat dua ruang cairan memiliki jumlah yang berbeda terhadap partikel yang sama.

Difusi sangat penting dalam transportasi elektrolit dan partikel melalui membrane sel. Berbeda dengan membran kapiler yang memperbolehkan difusi hampir semua partikel berukuran kecil, sel membran adalah selektif. Salah satu contohnya adalah glukosa

Glukosa tidak dapat melintasi sel membran tanpa bantuan insulin. Dengan tersedianya insulin, glukosa akan mengikat insulin reseptor pada membran sel, mengakibat membran lebih permeabel terhadap glukosa

Pada saat tertentu difusi tidak bisa terjadi tanpa adanya bantuan, meskipun jurang perbedaan konsentrasi gradient sangat besar, karena adanya sifat membrane ini sangat selektif.

Difusi lintas sel membran yang memerlukan asisten (contohnya insulin yang dibahas pada postingan terpisah) disebut facilitated difusion atau facilitated transport. Pergerakan tipe ini tetap saja disebut difusi.

2 comments:

  1. maknanya glukosa dan insulin saling memerlukan?

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

@eerlinda2005