Sunday, September 22, 2019

Sakit Kepala Migrain (Migraine Headache)


Sakit kepala migrain adalah penyakit kronis, episodic disorder, dan terdiri beberapa tipe. Biasanya di klasifikasikan dengan sakit kepala berdurasi-lama karena biasanya lebih dari 4 jam. Migrain cenderung diturunkan pada sebuah keluarga yang kemungkinan memiliki genetik tersebut, meskipun sangat sedikit gen yang bisa diidentifikasi, dan biasanya juga penyakit ini tidak begitu umum. Seperti contoh terjadinya mutasi pada gen ATPIA2 yang berkaitan dengan type migrain yang disebut migrain familial hemiplegic.

Wanita lebih banyak terserang penyakit ini dibandingkan pria. Wanita yang mudah cemas dan depresi cenderung terkena migrain dan je isa penyakit lainnya.

Pemicu sakit kepala migrain ini menurut teori bisa saja karena genetik vascular, saraf, kimia, dan faktor lingkungan. Pada umumnya penyebab migrain adalah melalui trigeminal vascular system dan central projection-nya. Pembuluh darah di otak overact, dan ini yang kita rasakan, menyebabkan ketegangan di arteri di dasar otak. Arteri menyempit dan aliran darah ke otak menurun. Kemungkinan bisa terjadi cerebral hypoxia. Platelets menggumpal, dan serotonin, vasoconstriction dirilis (=dikeluarkan).

Pada arteri yang lain terjadi pelebaran, memicu dikeluarkannya prostaglandin (zat kimia penyebab inflamasi dan pembengkakan) dan substans lain yang menyebabkan sensitivitas terhadap rasa sakit.

Ada tiga kategori migrain, yaitu:
  • migrain dengan aura
  • migrain tanpa aura
  • migrain atypical

3 comments:

  1. Baru tau saya tipe2 migren, sakit kepala migren ini paling susah sembuhnya menurut saya dibanding sakit kepala yg lain

    ReplyDelete
  2. sy kenal migraine ni sbb kawan satu asrama kerap sakit kepala sampai berguling-guling menahan kesakitan...

    ReplyDelete

@eerlinda2005