Thursday, September 19, 2019

Kanker ovari atau kanker indung telur

(Credit: joshya/Shutterstock.com)

Kanker ovari atau kanker indung telur atau biar keren lagi disebut ovarian cancer, termasuk kategori penyakit yang merupkan silent killer, yang biasanya dialami oleh wanita berusia 55 ke atas. Meskipun tidak ada hubungannya dengan wanita menopause, ovarian cancer ini adalah kanker ganas dan sulit dideteksi, namun ada tanda-tanda yang mungkin bisa kita waspadai:
  • Sakit punggung. Sakit pungung sangat umum bagi kita para wanita walaupun bukan mengidap kanker ovari. Namun kalau rasanya tidak mengalami tegang urat (ligament strain), osteoporosis, arthritis, atau skeletal irregularities, sakit punggung yang dirasakan barangkali berasal dari kanker ovari.
  • Nyeri di bagian bawah perut. Jika merasakan berat dibagian bawah perut sehari-harinya. Cek ke dokter.
  • Siklus datang bulan yang tidak normal. Walaupun jenis kanker ini biasanya menyerang wanita yang menopause, namun juga ada kemungkinan menyerang gadis muda, bahkan ada yang terserang sebelum siklus menstruasi pertama terjadi. Jika mengalami pendarahan yang tidak normal atau perubahan drastis dalam siklus menstruasi, barangkali lebih baik konsultasi dengan dokter.
  • Lelah yang berlebih-lebihan. Biasanya bersamaan dengan susah bernafas, pusing, dan meningkatnya hilang selera makan. Rasa lelah yang berlebihan ini adalah salah satu pertanda tahap perkembangan dari kanker ovari.
  • Cepat merasa kenyang. Cepat kenyang adalah satu tanda-tanda yang bisa diduga dan umumnya kanker ovari.
  • Sakit saat berhubunga intim. Sakit ini mungkin indikasi kuat di tahap awal kanker ovari. Hal yang berkaitan dengan adanya tekanan dan sakit lainnya adalah selalu merasa mau kencing dan frekuensi kencing tinggi.
  • Pusing dan muntah. Seperti gejala penyakit lain, dua gejala ini adalah biasa terasa, namun pada kanker ovari biasanya juga bersamaan dengan gejala lainnya, seperti konstipasi, diare, dan kembung.
  • Perut berasa kembung. Hal ini merupakan gejala umum pada penderita kanker ovari. Ada yang merasakan perut kembung yang dialaminya merasa dia seperti hamil saja, ternyata 6 kilo daging tumor.
  • Sering mengalami susah buang air besar. Bagian perut memang bagian yang paling terpengaruh oleh kanker ini khususnya pada tahap awal.

4 comments:

  1. cancer yang paling ditakuti kaum wanita

    ReplyDelete
  2. ngeri. mudah mudahan terhindar dari penyakit ini. amien

    ReplyDelete
  3. Serem ya gejala2nya, makasi mba sudah diingatkan sama penyakit ini

    ReplyDelete

@eerlinda2005