Saturday, September 14, 2019

Dermis, lapisan tengah sandwich kulit

(Credit: Researchgate)

Dermis merupakan konektif tissue mesenchymal, terletak di lapisan terbawah epidermis dan di bagian luar lapisan subkutaneus. Komposisi lapisan ini pada dasarnya adalah fibrous yang terdiri dari collagen dan elastic fibers.

Dermis dibagi menjadi dua lapisan: papilllary dermis dan reticular dermis.

Papillary dermis adalah lapisan terluarnya yang bersentuhan dengan epidermis, terdiri dari loose conective tissue yang dipenuhi oleh vascular. Berikutnya adalah lapisan reticular dermis yang membentuk conective tissue yang tebal.

Collagen adalah komponen utama dermis, protein yang dibentuk oleh fibroblast. Produksi collagen meningkat di area tissue injury dan terbentuknya scar tissue. Fibroblast juga memproduksi ground substance, yaitu protein lubricant di seputar dermis dan juga berkontribusi terhadap elastisitas dan turgor.

Elastisitas tergantung pada jumlah dan kualitas elastic fiber yang tersebar di collagen fiber.

Ringkas saja, langsung ke fungsi dermis:
  1. Proteksi. Tersedianya fibroblast untuk kesembuhan luka. Menyediakan kekuatan mekanis, fleksibilitas dan proteksi dengan adanya collagen fibers, elastic fibers, dan ground substanse.
  2. Homeostatis (water balance). Lymphatic dan vascular tissue di dermis akan merespon terhadap adanya inflamasi, luka, dan infeksi.
  3. Regulasi suhu tubuh. Cutaneus vasculator, melalui dilation dan contraction akan mem-promosikan atau meng-inhibit konduksi panas dari permukaan kulit.
  4. Sensasi: Ada beberapa mechanoreceptor di dermis. Ujung saraf di dermis dibungkus oleh folike rmbut. Ujung saraf ini merasakan gerak rambut dan berperan sebagai mechanoreceptor
  5. Psycososial. Berkaitan dengan body image. Psoriasis adalah masalah di lapisan epidermis, maka di lapisan dermis ini contohnya adalah scleroderma.

Dermis bagaikan sebuah rumah yang dihuni oleh berbagai jenis sel. Berikut adalah sel yang “stay” di dermis dan fungsinya:
  • Fibroblast: sebagai prinsipal sel-nya dermis, menangani sintesa collagen, elastic dan reticular fiber, dan extraselular matrik materia.
  • Hystiocyte: tissue macrophages yang berfungsi dalam imun sistem
  • Mast sel: mengeluarkan vasoactive dan proinflammatory mediators terhadap reaksi inflammatory, remodel collagen, penyembuhan luka.
  • Dermal adipocytes: tidak hanya sebagai insulator dan penyimpanan energi, tapi juga regenerasi folikel rambut dan penyembuhan luka.

No comments:

Post a Comment

@eerlinda2005