Monday, September 23, 2019

Iritasi Ringan pada Kulit



Pada postingan di siang yang cerah kali ini adalah sekilas tentang iritasi ringan di kulit. Empat dulu yang dibahas ya:


1 Kulit Kering (xerosis) adalah masalah umum, khususnya pada yang lanjut usia. Pengelupasan kulit tipis terjadi pada lapisan paling luar (stratum corneum). Permasalahannya adalah terdapatnya kulit kering ini pada kaki bagian bawah, sementara di sana kurang aliran darah. 

Bila kondisi kronis dan gatal membandel, kulit yang kering digaruk dan digosok, hal ini menyebakan kondisi secondary skin lesions, excoriations, lichenification (penebalan), dan infeksi.

Perlakuan: oleskan krem atau lotion pada kulit yang kering.

2 Gatal-gatal (pruritus) adalah gejala yang ada hubungannya, atau tidak ada hubungannya, dengan penyakit kulit, yang menyebabkan gatal pada fiber saraf, khususnya pada ikatan dermal dan epidermal. Bisa karena nerve fiber atau chemial mediators, seperti histamine.

Seperti halnya rasa sakit, gatal adalah subyektif. Sensasi yang dirasakan terhadap lokasi dan kepedihan akan berbeda pada setiap orang. Memburuk pada malam hari. Kondisi yang memberikan buruknya kondisi antara lain adalah buruknya hidrasi kulit, meningkatnya temperature, perspirasi, dan emosi.

Perlakuan: Perhatikan siklus “gatal-garuk-gatal”. Pengobatan bisa lokal atau sistemik tergantung penyebab.

3 Terbakar matahari (sunburn). Biasanya first-degrees atau terbakar bagian luar saja, dan paling umum. Kelebihan paparan untraviolet (UV) merupakan cedera ringan pada lapisan kulit dermis yang menyebabkan respon inflamasi dan menyebabkan pelebaran kapiler darah yang menyebabkan kemerahan, lembut, bengkak, dan terkadang akan melepuh.
Erythema (kemerahan) dan berasa sakit mulai dirasakan beberapa jam setelah kejadian dan intensitas menjadi tinggi dalam 1 hingga 2 hari dan kemudian menghilang.

Perlakuan: berikan kenyamanan meliputi mandi air dingin, dan oleskan lotion. Antibiotik ointment hanya diberikan bila kulit yang melepuh menyebabkan infeksi. Bila berasa sakit, bisa diberikan topikal kortikosteroid.

4 Gatal-gatal/hives (urticaria) merupakan plak atau bengkak berisi cairan merah atau putih (papula) dengan ukuran yang berbeda. Masalah kulit ini biasanya disebabkan oleh alergan (setiap orang berbeda), dimana histamin dilepaskan pada tisu dermal, menyebabkan pembuluh darah melebar dan keluarnya plasma protein yang membentuk nanah.

Penyebabnya sulit diketahui secara tepat, meskipun obat-obatan, makanan, infeksi, autoimmune, kanker atau benda-benda fisik lainnya dapat memicu urticaria. 

Perlakuan: jauhkan penderita dari apa yang memicu gatal. Karena gatal disebabkan oleh histamin, maka antihistamin seperti dipenhydramine (Benadryl) sangat membantu. Cegah si penderita dari segala aktifitas yang menyebabkan pembesaran pembuluh darah.

1 comment:

  1. dulu masa kecil2 mmg kerap kena gatal-gatal sebab selalu turun ke sawah. tolong family di sawah. masa sekolah menengah, saya tak boleh makan ayam. kalau makan terus alergi. lama juga tak makan ayam lebih 10 tahun. bila dah okey, baru makan ayam semula

    ReplyDelete

@eerlinda2005