Saturday, December 7, 2019

“Di mana Sakit Parkinson Bermula? Perut atau Otak? Atau Keduanya?”

Gejala Sakit Parkinson (Credit: apdaparkinson,org)

Judul di atas sangat menarik perhatian saya (Science News Nov 7 2019, Sumber IOS Press). Berikut ini adalah ringkasan dari tulisan tersebut.

Sebuah kontribusi dari para saintis yang dipublikasikan di Journal Parkinson's Disease, membuat hipotesa bahwa PD dapat dibagi menjadi dua subtypes: perut-dulu, berasal dari periphral nervous system (PNS) di perut dan menyebar ke otak, dan otak-dulu, berasal dari otak atau masuk ke otak melalui olfactory system (penciuman) dan menyebar ke brainstem dan PNS,

Sakit Parkinson atau Parkinson's Disease (PD) adalah progressive disorder secara lambat yang mempengaruhi gerak, kontrol otot dan keseimbangan. Biasanya neuro-generative disorder yang berkaitan dengan umur yang menyerang populasi berumur 65 plus tahun sekitar 3% dan yang di atas 85 tahun sekitar 5%.

Selama ini PD diduga adalah kelainan pada otak yang ditandai oleh hilangnya saraf dopamin pigmen yang berada di substantia nigra, yaitu salah satu struktur basal ganglia pada midbrain. Yang memainkan peranan penting dalam reward dan gerak. Saat ini makin jelas bahwa PD sangat bervariasi dan barangkali terdiri dari beberapa sub type.

4 comments:

  1. biasanya sakit parkinson ini bisa menyerang siapa aja kak?
    lebih ke anak2 atau orang tua?

    ReplyDelete
  2. Parkinson penyakit yang saya takutkan saat ini, khawatir di masa tua akan alami banyak masalah kesehatan dan ausnya orak karena pengaruh dari perut.
    Sepertinya saya harus terapkan pola hidup sehat dengan berhati-hati pada makanan tertentu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah kita di jauhkan dari segala penyakit. Amin YRA.

      Delete

@eerlinda2005