Sunday, December 15, 2019

Kelenjar Adrenal (Adrenal glands)

(Credit: hopkinsmedicine)


Kelenjar adrenal juga dikenal dengan kelenjar suprarenal, yaitu kelenjar yang berbentuk segitiga yang terletak di atas kedua ginjal kita. Dari gambar di atas, bisa kita lihat di mana posisi kelenjar ini dalam tubuh kita.

Kelenjar adrenal terbagi menjadi dua bagian utama:

  1. Adrenal cortex adalah bagian yang terluar dan merupakan bagian yang terbesar dari kelenjar ini. Bagian cortex ini dibagi lagi menjadi tiga zona yang yang berbeda, yaitu zona glomerulosa, zona fasciculata, dan zona reticularis. Setiap zona bertanggung jawab menghasilkan hormon masing-masing.
  2. Adrenal medulla terletak di dalam adrenal cortex, tepatnya bagian tengah kelenjar. Bagian ini menghasilkan hormon stress yang meliputi adrenalin.
Adrenal cortex dan medulla dibungkus oleh kapsul adipose yang membentuk lapisan pelindung yang membalut kelenjar adrenal.

Hormon yang dihasilkan kelenjar ini adalah untuk membantu meregulasi metabolisme, imun sistem, tekanan darah, dan fungsi penting lainnya.

Bila kelenjar ini tidak menghasilkan hormon yang cukup, maka akan menyebabkan adrenal insufficient atau Addison's disease.

Kelenjar ini bisa berkembang menjadi nodules, bisa ringan atau ganas, hal ini menyebabkan kelebihan jumlah hormon tertentu yang menggiring ke berbagai masalah kesehatan.

2 comments:

  1. MasyaAllah luar biasa semua ciptaan Tuhan. :') Sehat selalu utk penulis :)

    ReplyDelete
  2. Kecil tapi jasanya besar banget ya
    Sama kayak kelenjar-kelenjar lainnya di tubuh

    ReplyDelete

@eerlinda2005