Sunday, December 22, 2019

Jenis hormon yang dikeluarkan oleh plasenta


Placenta (gambar diambil dari Wikipedia)

Plasenta atau ari-ari, atau uri, atau tembuni. Yang English-nya placenta. Di sini saya konsisten menggunakan kata placenta :)
Selain perannya sebagai menyalurkan molekul antara ibu dan fetus, placenta juga berfungsi sebagai mayor organ endokrin.
Placenta menghasilkan sejumlah besar hormon dan cytokines yang beragam yang sangat mempengaruhi fisiologi ovari, uterin, mammary (kelenjar susu) dan fetus.

Hormon yang dikeluarkan adalah:
Steroid hormon: progestin dan estrogen.
Protein hormon: human chorionic gonadotropin (hCG), placental lactogen,dan relaxin.
Berikut ini adalah uraian masing-masing hormon:

Progestin. Progestin adalah molekul yang mengikat progesteron receptor. Progesteon sendiri sering disebut hormon kehamilan karena peran pentingnya pada menopang endometrium sehingga pembuahan yang terjadi berkelanjutan.
Progestin, bersamaan dengan progesteron, memiliki dua peran penting selama kehamilan.
  • Menopang endometrium untuk mempersiapkan kondisi yang kondusif pada calon bayi. Jika endometrium kekurangan progestin, maka kehamilan bisa berakhir, maka terjadi keguguran.
  • Menghambat kontraksi pada smooth muscle uterine. Kalau hal ini tidak dicek bisa menimbulkan bahaya. Hal ini sering juga diistilahkan “progesterone block” pada myometrium. Menjelang akhir kehamilan, efek keluarnya myometrium berlawanan dengan meningkatnya level estrogen, sehingga memudahkan process kelahiran
Progesteron dan progestin lainnya juga mampu menghambat sekresi pituitary gonadotropin luteinizing hormone dan follicle stimulating hormone yang mengakibatkan tidak terjadinya ovulasi selama kehamilan.

Estrogen. Placenta mengeluarkan beberapa jenis hormon estrogen. Pada wanita, estrogen yang paling banyak dihasilkan oleh placenta adalah estriol. Ada dua efek dari estrogen placenta ini:
  • Menstimulasi pertumbuhan myometrium
  • Menstimulasi berkembangnya kelenjar susu (mammary gland)
Human chorionic gonadotropin (hCG). Menstimulasi corpus luteum pada ovary untuk kelanjutan produksi estrogen dan progesteron untuk menjaga kehamilan.
Placental lactogen. Hormon ini adalah molekul yang berkaitan dengan prolactin dan growth hormone. Fungsi dari placental lactogen ini belum begitu diketahui.
Relaxin. Hormon relaxin bersamaan dengan hormon progesteron menjaga kehamilan. Memberikan rileksasi pada pelvic ligament dan melancarkan proses kelahiran.


Tulisan ini untuk menghormati para ibu: Selamat Hari Ibu


11 comments:

  1. wah ini pelajaran biologi nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas. Sepertinya saya harus recall lagi pelajaran lama, dan saya sukanya Biologi.

      Delete
  2. ini kemarin pas anak-anak kelas 9 mau uas pelajarannya ini
    siklus menstruasi kan ya hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hormon yang dikeluarkan oleh plasenta saat wanita lagi hamil.

      Delete
  3. Ternyata fungsi plasenta nggak hanya sebagai penyaluran zat makanan yaaa
    Wah baru tauuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada hormone yang dihasilkan placenta yang masih belum jelas peranannya :)

      Delete
  4. Nambah ilmu seputar biologi. Orang awam taunya placenta itu sahabat pertama yang ditemui si bayi dalam kandungan, sehingga harus dijaga keberadaannya, terutama asupan nutrisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya demen sama Biologi. Bener, ada juga yang menyebut placenta ini si kakaknya bayi.

      Delete
  5. wahh saya sudah lama tidak main ke blog ini. :') ternyata postingannya sudah mencakup biologi juga ya. Mantap :D anw terkait postingan ini, Selamat Hari Ibu (late greeting).

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih saya juga baru lagi berkunjung ke blog ini. makin banyak konten biologinya. jadi diingatkan kembali dulu saya waktu sekolah juga mapel biologi.

      Delete
  6. Semua hormon dalam kehamilan saling mendukung satu sama lainnya, memang indah sekali penciptaan tuhan akan hormon ini dan wanita dipilih karena sanggup mengendalikan hormon2 yg rasanya luar biasa itu :D

    ReplyDelete

@eerlinda2005