Friday, May 10, 2024

Mawar Ungu (dan Prostaglandins)

 


Bunga ungu di taman bunga. Terlihat cantik dengan kelopaknya yang berlapis. Hanya saja warna ungunya tidak begitu cerah, pancaran ungunya sangat lembut.

Seperti bunga di atas, terkadang kita juga merasa tidak begitu cerah, lebih tepatnya, tidak begitu ceria. Badan terasa tidak enak, barangkali bisa juga karena udara, badan pun terasa demam. biasanya kita minum paracetamol atau acetaminophen (Tylenol).  Obat jenis ini berfungsi meredakan fungsi prostaglandins di central nervous system. Apakah prostaglandin itu? Prostaglandin adalah sejenis group lipids yang beraksi sebagai hormon, terutama di bagian tubuh yang terinfeksi atau terluka. Di saat kita terinfeksi atau luka, ia berperan sesuai dengan tipenya masing-masing (prostaglandins terdiri dari beberapa type), termasuk merangsang rasa sakit. Jadi, paracetamol atau acetaminophen ini berfungsi memperlambat kerja prostaglandins, sehingga rasa sakit akan berkurang, dan juga berperan menurunkan suhu badan saat demam.

2 comments:

  1. Saya mengerti jenis obat ini
    saat anak saya kemarin sakit
    sempat baca-baca dari fungsi obat tersebut
    warna bunganya cantik ya, walau sedikit malu-malu

    ReplyDelete
  2. prostaglandins ni, bila umur semakin meningkat adakah ia akan berkurangan dalam tubuh? atau ia maintain sebegitu dari lahir hingga meninggal dunia?

    ReplyDelete

@eerlinda2005