Tuesday, May 14, 2024

9 cara mem-boost energi

 


Pancake with no syrup

Perlu energi? Makan dulu. Apalagi sarapan dengan pancake yang tinggi kandungan karbohidrat, yang dijamin memberikan energi.


Namun, walau pun sudah makan, banyak juga yang masih mengaku atau tetap merasakan tidak ada energi. Jadi, ke mana saja energi yang tersedia dari makanan atau miuman yang kita konsumsi? Kok ya masih saja lemes? Harvard health publishing meng-share 9 tips untuk mem-boost energi secara alami:


1. Control stress. Hidup tidak bisa terhindar dari stress, namun stress bisa dikontrol, bawa santai saja atau rileks terapi, olah tubuh, yoga, atau apa saja yang memang bisa mengurangi stress. Buat list priority, lakukan top prioritas, yang tidak begitu prioritas taruh belakang. 


2. Kurangi beban. Yang bikin sangat lelah itu biasanya overwork, apakah itu urusan kerjaan kantor, urusan rumah, atau urusan-urusan sosial, atau juga urusan sosialite. Lagi-lagi set prioritas, pilah yang mana yang memang wajib dikerjakan. Jangan sungkan minta bantuan orang-orang yang dipercaya.


3. Exercise. Sehabis exercise, tidur akan lebih nyenyak, begitu bangun dari tidur maka tubuh akan merasa berenergi lagi. Dengan exercise, dopamine di otak bisa meningkat dan hal ini membantu meng-elevate mood.


4. Jangan merokok. Biasanya rokok membuat insomnia, susah tidur. Kalau kurang tidur badan jadi lemes, tidak berenergi.


5. Batasi tidur. Hindari tidur siang. Tidur secukupnya.


6. Makan hanya untuk energi. Di point ini, disarankan memilih makanan yang memiliki rendah glycemic index, contohnya whole grains, kacang-kacangan, sayuran yang tinggi serat; protein dan lemak termasuk rendah glycemic index. Hal ini mencegah rasa lapar setelah beberasa saat mengkonsumsi nasi, manis-manis, atau karbohidrat lainnya.


7. Bijak minum kopi. Kopi bisa membantu alert, namun juga bisa menyebabkan insomnia. Kalau minum kopi di atur saja, jangan setelah jam 2 siang, dan jangan terlalu banyak.


8. Hindari alkohol. Jangan minum alkohol, hukumnya haram, ternyata memang banyak mudhorat-nya, dan bikin lemes tidak berenergi.


9. Minum air putih. Kalau tubuh kurang air, badan jadi lemes.


3 comments:

@eerlinda2005