Sunday, March 17, 2019

Menyulap Batu menjadi Lampu Berkhasiat, Anugrah dari bumi Himalaya

Anugrah dari bumi Himalaya (Photo Credit: Today.com)

Masih kepikiran soal garam pik Himalaya. Apakah garam ini akan disimpan saja di toples kaca buat hiasan dapur atau digunakan sebagaimana seharusnya?

Garam berwarna pink memang memberikan kesan yang eksotik. Selain itu, juga diyakini bahwa unsur-unsur lain yang terkandung didalamnya memberikan berbagai manfaat kesehatan. Selain digunakan dalam kulinari dan untuk mandi sebagai terapi garam (salt therapy), ternyata garam batu pink ini juga dikemas dalam bentuk lampu.

Popularitas lampu batu garam Himalaya sepertinya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir ini. Lampu batu pink yang cantik ini telah menarik perhatian masyarakat dari berbagai negara, tambahan lagi dengan atribut berbagai manfaat kesehatan yang disandangnya. Manfaat atas kesehatan sering menjadi pertimbangan untuk membuat keputusan yang utama untuk memilih dan membeli.

Apa saja manfaat kesehatan yang dijanjikan dan di”gaung”kan oleh lampu garam ini?

Berikut ini adalah manfaat yang dijanjikan (klaim) dan kenyataan yang diungkapkan para ahli, dan juga oleh seorang ahli nutrisi dan dietetic Inggris, Helen West:

Lampu ini dapat memboost mood kita.
Klaim: Ketika garam dipanaskan, lampu melepaskan ion negatif, yang dikenal dengan vitamin udara. Ion negatif mampu menenangkan saraf, revitalisasi sel, dan mejernihkan udara.
Kenyataan: Mood tidak bisa dihubungkan dengan ion dari lampu, tambahan lagi, kecil kemungkinan bahwa lampu garam ini memberikan ion negatif seperti yang kita perlukan.

Mengurangi allergen (penyebab alergi).
Klaim: Lampu ini sangat bermanfaat buat orang-orang yang mengidap alergi, asthma, hidung tersumbat, atau saluran pernafasan lain karena lampu ini mampu meningkatkan kualitas udara rumah dengan melepaskan ion negatif.
Kenyataan: Tidak ada bukti bahwa lampu ini dapat menyingkirkan bakteri jahat dan meningkatkan kualitas udara rumah, lagian juga tidak terbukti bahwa tingginya ionizer akan menyembuhkan asma dan penyakit saluran pernafasan lainnya.

Meningkatkan kualitas tidur.
Klaim: Ion-ion negatif dari lampu ini memberikan kualitas tidur yang bagus.
Kenyataan: Tidak ada penelitian yang membuktikan pengaruh lampu garam Himalaya ini terhadap tidur.

Meskipun pernyataan-pernyataan manfaat kesehatan dari lampu cantik ini tidak dibuktikan secara ilmiah, Helen West mengungkapkan tiga manfaat yang “nyata” diberikan oleh lampu yang mengandung garam mineral ini, yaitu:

Mempercantik ruangan rumah karena lampu ini atraktif, lampu cantik pink dan sedikit orange ini akan mencuri perhatian yang melihatnya.

Memberikan suasana nyaman, lampu ini dapat memberikan suasana tenang untuk rileks di rumah.

Memberikan cahaya redup nyaman, bila lagi susah tidur, dengan menggunakan cahaya yang tidak begitu terang di malam hari, barangkali lampu ini dapat memberikan efek tidur dengan nyaman.

So, ternyata manfaat kesehatan yang diklaim oleh lampu batu garam Himalaya ini tidak didukung oleh bukti ilmiah, namun lampu dengan warna pink dan orange ini akan memberikan manfaat yang jelas, yaitu memperindah tampilan dan suasana rumah sehingga membuat nyaman dan rileks yang mungkin membuat mengantuk dan segera tidur dengan nyaman. 

45 comments:

  1. Keren juga lampunya,,,manfaatnya kebetulan saya orang yang susah tidur

    ReplyDelete
  2. What ?? lampu dari Batu Garam ? saya baru tahu nich Mbak, kalau lihat gambarnya sangat menarik sekali dan terbilang unik.

    Rasa batunya Pasti Asin yach Mbak ? jadi kalau dirumah kurang garam , kayaknya cocok tuch Lampu garamnya jadikan TUMBAL Jika stok garam dirumah habis. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakakkakaka ini orang yeeee, di manapun dia komen, selalu bikin ngakak waakakkakakakaka

      Tapi bener juga, saya jadi bayangin, kalau saya pakai lampu gini di pinggir ranjang yang ada saya tidur sambil jilat2 lampu, atau sekalian makan jambu air dicocolin ke lampu wakakakakakakakakka

      Delete
    2. Hahaaha...kang Nata dan mbak Rey kreatif banget buat nambahin panjangnya list khasiat lampu garam...kalo dijilat-jilat dan dijadiin cocolan, ntar lampunya meleleh...kalo buat dijadiin tumbal garam dapur, si lampu jadi sumbing deh...

      Delete
    3. Mbak Rey > yuk kita pesan Lampu Garamnya Mbak, biar bisa dipajang di MEJA MAKAN, jadi kalau makanan yang kita makan terasa kurang GARAM, maka kita tingal JULURKAN LIDAH KITA ke LAMPU GARAM-nya. PRAKTIS sekali, bukan ? hahahahah....... :)

      Mbak LAtana > Ngak papa kok lampunya meleleh dan sumbing, asalkan TUBUH tidak kekurangan ZAT YODIUM. hahahahh.......

      Delete
  3. agar garam ber efek bagi kesehatan bukan hanya keindahan, mungkin bisa buat krikit krikit (dikrikiti) n_n

    ReplyDelete
  4. Masih belum hilang kekaguman pada garam pink (baru tahu), sekarang ada lagi lampu batu garam dari Himalaya,...kalau besok apalagi nih jadi penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya tentang garam Himalaya buat mandi (bath salt), tapi I changed my mind, capek..:(

      Delete
  5. mantap ya kak.. kok bisa batu jadi lampu.. keren bingit pokoknya..

    ReplyDelete
  6. Itu lampunya lucu banget. Iya, keuntungan terbesar dari punya lampu batu garam Himalaya, adalah mempercantik ruangan. Warnanya itu, lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak..warnanya menarik perhatian, bentuknya juga bervariasi...

      Delete
  7. cantikkk.... berkhasiat juga... anyway, saya datang sini balas kunjungan. salam kenal dari www.sishawa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sist, cantik...
      Salam kenal juga, dan terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  8. kalau garam biasa dipanaskan pelan2 bisa bekhasiat juga nggak yah? misal digunakan pas lagi meditasi atau yoga gitu, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dipanaskan pelan-pelan, garamnya ya begitu aja...karena garam baru bsa meleleh (melting point) pada suhu di atas 800 derjat Celcius, atau dengan tingkat panas 8X lipat panasnya air mendidih.

      Yang terbaik untuk yoga atau meditasi adalah matcha...silakan ke artikel selanjutnya...;)

      Delete
  9. Baru tau saya ada lampu batu dari garam pink, itu asli kah mba? Nanti kalau jatuh bisa pecah pecah jadi garam beneran gak yah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bisa..namanya juga batu garam...diambil dari bongkahan dari tambang yang sama dengan garam mineral Himalaya yang berwarna pink, bedanya kalau buat dijadikan garam mesti dihancurkan jadi kecil-kecil atau lebih halus lagi...nah yang ini didisain sehingga bsa dipasang bola lampu.

      Delete
  10. kemarin garam, sekarang batu, besok guting dan kertas,, sip?

    ReplyDelete
  11. Wah ternyata bisa digunakan untuk lampu juga ya.. ? Mengingat garam pink bukan dari air laut, saya jadi bisa memaklumi jika bisa digunakan untuk lampu juga. Karena kan ppada dasarnya seperti bongkahan batu. Tapi kalo dari garam laut, mungkin gak ya.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara kerjanya mungkin jadi terbalik, kalau batu dijadiin kristal garam harus dihancurkan dulu, kalau kristal garam mau dijadiin besar seperti bongkahan batu ini sepertinya harus direkayasa deh...hihi mbak evva ada aja

      Delete
  12. Saya bayanginnya tadi garam ini kayak garam biasa, yang mana bisa cair.
    yang ada saya jadi jilatin lampu mulu mba wakakakakka

    Tapi terlepas dari lucunya, warna garam himalaya itu unyu banget sih.
    Beneran lucu kalau dibuat lampu

    Meskipun juga jadi menggoda untuk dicocolin jambu air wakakakkaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjadi penyimpangan pada khasiat lampu garam deh mbak...yang tujuannya buat tidur nyenyak, eh justru ga bsa tidur...begitu lampu dinyalain yang kebayang malah jambu, rujak, asinan, dan yang endezz lainnya....wkwkwwk

      Delete
  13. Wah Bun aku jadi penasaran pengen liat bentuk nyatanya hihihi. Dari gambarnya kayaknya cantik ya bendanya apalagi warnanya itu menggoda. Oh ya salam kenal ya Bun. Ini blognya bertema apa sebenernya bun? Soalnya menurut aku konten-kontennya itu unik dan nggak ditulis seperti orang kebanyakn. Jadi penasaran aku ama niche blog ini 😍

    ReplyDelete
  14. selalu nampak lampu sebegini di kedai2 feng shui ;-)

    ReplyDelete
  15. Hyaaaa meskipun belum ada bukti ilmiah, tapi setidaknya lampu ini bikin adem mata yang melihatnya :D

    ReplyDelete
  16. Taruh di kamar tidur biar cahayanya redup dan adem, so tidurnya jadi nyenyak, enggak silau..

    ReplyDelete
  17. Meskipun manfaat kesehatan nya belum bisa dibuktikan secara ilmiah.., tapi aku sudah kesengsem sama lampu garam pink asal Himalaya ini.
    Pasti enak ya punya lampu berisi garam pink ini kak bakal bisa mempercantik ruangan dengan cahayanya yang indah pink oranye akan membuat perasaan jadi nyaman dan tentram dan tidurpun jadi lelap.

    ReplyDelete
  18. Wah keren yaa batu bisa diubah jadi lampu yang macem-macem khasiatnya..
    mana warnanya cakep pula :D
    mantap deh

    ReplyDelete
  19. asli keren banget ya garam pink himalaya ini kalau jadi lampu. aku bayangin pasti mahal ya harganya?

    ReplyDelete
  20. wew, lampu dari garam? baru tau aku.
    cantik banget lampu nya mba, udah gitu banyak banget manfaatnya yaa..

    ReplyDelete
  21. saya orang yang sangat imsonia semalam plaing tidur dua jam saja

    ReplyDelete
  22. Memang keren sich lampu dari garam Himalaya ini, cocok dipadu padankan dengan interior minimalis

    ReplyDelete
  23. Wih keren, cocok nih sebagai lampu tidur. Supaya tidak terlalu silau jadi tidur nyenyak deh :)

    ReplyDelete
  24. Ternyata manfaatnya byk bgt ya, cocok buat suamiku yg alergi debu nih

    ReplyDelete
  25. Cantik banget masya Alloh. Saya pernah lihat di acara Tiny Luxury, rumah super mungil dihiasi lampu garam ini yg juga dipakai sebagai pembatas ruangan. Ga kebayang betapa mahal harganya.

    ReplyDelete
  26. wah umik juga ya batu nya, bisa dijadikan lampu, jadi pengen punya batu itu juga ane gan untuk persiapan kalau di rumah mati lampu :D

    ReplyDelete
  27. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete
  28. mari bergabung dengan kami di ionqq_com
    menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera bergabung yuk dengan kami ^^

    ReplyDelete

@eerlinda2005