Thursday, March 21, 2019

Mau lebih khusuk dan fokus seperti pengikut Zen bermeditasi? Matcha solusinya

Wanita Jepang sedang memetik daun teh di kebun teh yang ditutupi atap (Credit Photo: Kanchan81/tea-of-japan.com)


Saat ini sudah di penghujung Maret dan April pun menjelang. Di awal April, tunas-tunas kecil dan pupuk-pucuk baru daun teh akan menyembul di setiap cabang dan ranting pohon-pohon teh (Camellia Sinensis) Jepang. Tak lama kemudian, kebun-kebun ini akan didisain untuk matcha, teh hijau yang istimewa.

Matcha? Teh apa yang dimaksudkan dengan matcha?

Matcha adalah tepung daun teh hijau, atau kalau langsung diartikan dari bahasa Jepang artinya kira-kira “teh yang digiling” karena daun teh matcha ini proses terakhirnya adalah di penggilingan batu atau granite sehingga menghasilkan bubuk tepung daun yang sangat halus.

Apakah karena berujung di penggilinagn batu ini sehingga matcha menjadi istimewa?

Penggilingan batu menghasilkan akhir daun ini menjadi istimewa, tapi ada beberapa faktor yang menjadikannya lebih istimewa lagi, diantaranya:

# 1. Sebelum panen seluruh pohon-pohon teh ditutupi untuk menghalangi cahaya matahari.

Setelah daun-daun tumbuh dengan cepat, 20 hari sebelum panen lelaki pekerja kebun teh mempersiapkan tiang-tiang penghubung dan ikatan anyaman dari bambu kecil (reed) atau batang-batang padi kering untuk mengatapi seluruh permukaan kebun yang telah ditumbuhi daun-daun baru di setiap pohon teh. Menghalangi sinar matahari ini bertujuan untuk menghalangi lajunya fotosintesis.

Gulungan anyaman bambu (reed) siap dibentang untuk menghalangi matahari langsung di semua penjuru perkebunan teh (Credit Photo: Amodatea.com).

Anyaman-anyaman atap ini akan menghambat sekitar 90% cahaya matahari untuk menjaga kualitas matcha (Credit Photo: tcho.com).



# 2. Penanganan dan prosesnya yang rumit

Musim petik berawal pada hari ke-88 setelah hari pertama Spring menurut kalender Jepang yang biasanya jatuh pada awal Mei. Setelah dipanen, daun-daun hijau yang segar ini harus segera di setim (steam) selama 15 – 20 detik untuk mencegah oksidasi sehingga warna hijaunya tetap cerah, aroma dan nutrisinya terjaga, lalu dimasukkan ke proses pengeringan.

Proses berikutnya adalah menyeleksi dan membuang ranting-ranting halus dan cabang-cabangnya atau bagian-bagian yang tidak diperlukan, Daun teh yang sudah diseleksi, dijadikan tepung dengan menggunakan batu gilingan atau granite, sehingga menjadi tepung yang sangat halus..

# 3. Manfaat khusus yang diberikannya.

Diceritakan, keistimewaan matcha telah terbukti selama ratusan tahun yang lalu pada masa Zen di wilayah Jepang. Para pengikut Zen, selalu mempersiapkan secangkir matcha sebelum bermeditasi. Matcha membantu mereka untuk mencapai konsentrasi yang tinggi, fokus, tenang, dan siaga selama meditasi. Pada zaman modern sekarang, setelah dilakukan riset, penyebabnya adalah L-Theanine yang tinggi dan caffeine yang dimiliki oleh matcha.

Ternyata pengaruh dari menghalangi sinar matahari langsung terhadap daun teh menyebabkan amino acid pada daun tidak pecah, dan hal ini yang memberikan matcha memiliki rasa manis alami, dengan aroma yang wangi, dan bahkan tidak ada rasa pahit. Yang paling utama dari amino acid ini adalah L-Theanine.

L-Theanine inilah yang bertanggung jawab untuk membantu fungsi kognitif, meningkat memori dan learning, meningkatkan kemampuan untuk lebih fokus dan konsentrasi, selain itu dapat menurunkan stress. Jadi, kalau mau khusuk dan fokus, siapkan secangkir matcha. 

37 comments:

  1. baru tahu pengertian matcha dari artikel ini kirain selama ini memang ada tanaman yang bernama matcha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh hijau yang dijadiin tepung, sangat sangat halus...

      Delete
  2. Pengen ngeteh matcha. rasanya unik dan beda dengan teh biasa, entah mengapa. Ah, sayangnya cuma ada di toserba, dan kalau yang berbentuk tepung hijau halus belum saya lihat. Paling yang instan saja.
    Bagi saya teh itu memang menenangkan. Mana sekarang tak boleh ngopi karena dokter menyuruh saya pantang makanan tertentu. Padahal saya kerap berada dalam situasi senewen kala menulis. Semoga saja bisa belanja ke toserba dan beli matcha.
    Oh ya, unik juga cara petani teh di Jepang itu. Di sini mah beda.Kayaknya mereka lebih pakar soal teh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kualitas matcha yang ini, saya sangat kagum. Sulit dipercaya kalau mereka memasang tiang-tiang atap, menyusun anyaman sejenis bamboo (reed) seperti tikar, sehingga perkebunan yang sangat luas itu tertutupi selama 30 hari untuk menjaga kualitas hijau daun, kemudian diproses dengan teliti dan telaten, dan proses terakhir adalah dihaluskan dengan menggunakan gilingan batu

      Delete
  3. Matcha itu green tea kan kak lantana? Ssya mah penyuka segala yang berbau teh.. buktinya saya kurus nih kak skg.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantesan cantik, glowing, and slim...efek dari green tea ya ;)

      Bener matcha itu green tea yang dihaluskan hingga halus bener seperti tepung, sehingga larut di air panas, terus diminum, bisa dicampur dengan susu menjadi matcha latte, bsa buat smoothie, milkshake, ice cream, atau dicampur dengan tepung untuk crepes, cookie, mochi, dan banyak lagi. Jadi, matcha ini semua daun (green tea) itu di-consume, ga ada yang dibuang seperti teh biasa

      Delete
    2. dih, mba vika ngaku2 kurus nih.. mehehehe

      Delete
  4. oh jadi matca itu awal mula nya dari jepang ya?
    sekarang kan lagi populer banget aneka makanan dgn rasa matcha ya.. dan saya termasuk penyuka matcha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Jepang dan Bahasa Jepang juga. Mathcha sekarang banyak digunakan untuk makanan lainnya selain untuk berbagai minuman dan dessert.
      Ntar mbak Thya juga lebih, cantik, sehat, kulit halus dan glowing, dan penuh konsentrasi, karena matcha mengandung komponen antioksidant, anti inflammatory, anti cancer, theanine, dan juga caffeine yang kadarnya rendah dibanding kopi

      Delete
  5. Jadi pengin minum teh matcha nih, nggak ada rasa pahitnya tentunya lebih enak dari teh biasa,...baru tahu juga ada kebun teh ditutup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena diselubung atap unsur pahitnya juga tereduksi, tidak pahit seperti teh biasanya dari jenis yang sama.

      Delete
    2. Jadi kalau minum teh ini nggak perlu ngasih gula kebanyakan ya mbak khan rasa pahitnya udh tereduksi

      Delete
  6. waahhh jadi penasaran coba kalau yang ori itu kek mana rasanya. pasti agak aneh kali ya? atau gajauh beda ama yang rasa ala2 greentea yang di cafe2 Indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau air teh atau green tea biasa "clear" atau tembus pandang, tapi matcha yang berupa bubuk, kalau dicampur air biasanya diaduk dengan pengaduk khusus matcha whisk (chasen in Japan), air dan tehnya jadi pekat dan berbusa. Jadi selain rasa, tampilannya juga berbeda...;)

      Delete
  7. Heeem...pengen juga sih ngerasain Matcha tea, apa lagi special yang nyediain Neng Admin....huuuu ...pastinya semakin nambah suasana minum tea yang begitu indah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti rasanya lebih enak ya mas Asnaji, aku juga mau :D

      Delete
    2. Hayu atuh...kita enjoy matcha bareng...:)

      Delete
  8. Oh, jadi proses sebelum daun teh dipetiknya berbeda dengan daun teh di perkebunan di Indonesia, ya ..., ternyata diberi atap penghalang biar ngga terkena sinar matahari secara langsung.

    Memungkinkan ngga ya bibit teh matcha bisa dibudidayakan di Indonesia ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis teh yang diekstrak jadi matcha adalah juga jenis teh yang dimiliki oleh perkebunan Indonesia, seperti sebagian perkebunan jawa Barat, jenis pohon teh Camellia Sinensis

      Delete
  9. Benar-benar rumit itu prosesnya. Tapi yang lebih membuat saya penasaran, khasiatnya itu lo sunggguh luar biasa. Cocok buat saya nih yang suka dan mudah stres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mas, sangat rumit... Ini adalah cara tradisional yang masih banyak perusahaan mempertahankannya, namun ada juga yang dilakukan secara modern, seperti ditutup saja dengan vynil, digiling dengan penggilingan batu yang digerakkan serentak oleh mesin. Jangan mudah stress mas, ikhlas saja dengan segala pencapaian usaha mas...

      Delete
  10. Wah baru tau kalau proses dari daunnya sendiri udah spesial ya, lanjut pengolahan juga spesial. kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, untuk mendapatkan kualitas yang tinggi, usahanya luar biasa, dan mengakibatkan cost yang kita keluarkan menikmatinya juga gede.

      Delete
  11. Kalo liat di Tv, hampir semua penganan di Jepang memiliki rasa Matcha ya. Di Indonesia juga, sebagian makanan ada pilihan rasa matchanya. entah kenapa saya kurang menyukai Matcha, padahal manfaatnya luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkkw...banyak juga yang tidak suka matcha walaupun mereka penggemar teh, katanya minum matcha seperti minum jus rumput...;)
      Kalau saya lebih suka matcha latte, apalagi kalau dimixed dengan vanilla bean syrup...

      Delete
  12. Ternyata matcha ini bisa ningkatin konsentrasi. Tapi, ane ga suka matcha, entah kenapa enek gitu. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ga papa...konsentrasi alami aja...ga perlu seperti Zen bermeditasi

      Delete
  13. Pantesan ya orang jepang tu menghargai sekali cara menyeduh teh jepang, ternyata buat bubuk teh matcha ini ribet sekali, salut euy masih menghargai proses yang tak menggunakan mesin

    ReplyDelete
  14. Matcha kesukaan saya mba, enak aja gitu rasanya, beda ama teh biasa.
    Bahkan matcha tanpa cream yang banyak pun terasa enak, lebih kuat aja rasa matchanya :D
    Pokoknya top deh semua makanan maupun minuman mengandung matcha :D

    ReplyDelete
  15. Di antara semua jenis teh, yang paling saya suka memang matcha.

    ReplyDelete
  16. wah ane belum pernah coba nih produk matcha, kapan kapan boleh lah kita coba ya kak, biar tubuh makin sehat dan strong ;)

    ReplyDelete
  17. Wah bermanfaat sekali nih artikelnya. Terima kasih ya kak :D

    ReplyDelete
  18. Prosesnya rumit dan agak panjang sebelum teh hijau dipanen .
    Ternyata nggak boleh terkena sinar matahari langsung ya?
    Suka banget dengan aroma matcha. Dan ternyata pula Matcha bisa membantu mencaoai daya kosentrasi tinggi agar tenang dan fokus sebelum meditasi. Nice.

    ReplyDelete
  19. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete
  20. Paling suka minum matcha begini karena... memang rasanya bikin adem sih mbak. Pertama nyoba matcha itu dari Ki*kat. Pengen coba lagi rasanya mbak

    ReplyDelete

@eerlinda2005