Sunday, March 24, 2019

Adakah perbedaan antara Micellar Water dengan soap in Water? (Bagian 01)

Pembersih wajah micellar water yang dikemas oleh Garnier

Setelah membolak balik majalah kecantikan Allure, saya tertarik dengan foto seorang wanita dengan kapas pembersih dan botol micellar water, serta wajahnya yang lembut bersih. Berikut penjelasannya, “Saat kamu mengusap kapas pembersih dengan pembersih di wajahmu, micelle akan menempel di kapas dan menarik make up yang kamu pakai, sebum, dan minyak-minyak lainnya yang tidak kamu inginkan di kulitmu. Micellar water diformulasikan dengan sangat ringan dan lembut sehingga tidak perlu dibilas lagi...”

What? Tidak perlu dibilas lagi!

Jadi ingat Rinso, “membilas sendiri”.

Di paragraf berikutnya, seorang ahli kimia di bidang kosmetik yang diinterview Allure, Joseph Cincotto, menjelaskan bahwa micellar water adalah kombinasi air, glycerin, dan surfaktan dengan konsentrasi yang rendah. Molekul surfaktan ini secara alami akan membentuk micelle yang beraksi sebagai magnet terhadap kotoran dan minyak.

Noted: air, glycerin, dan surfaktan yang membentuk micelle..! Jadi ingat masa-masa indah di lab kimia sekolah saat membuat sabun dari minyak makan untuk memahami konsep hydrophilic dan hydrophobic, polar dan non-polar, ini dia bahan-bahannya:

# Air. Air adalah penglarut (solution) yang universal dengan formulanya H2O.

# Glycerine.

Glycerine adalah kata yang sama dengan glycerol yang digunakan umum terutama dalam pharmasi dan kosmetik.

Lemak dan minyak adalah triester glycerol, yaitu glycerol yang mengandung tiga ester group. Carboxylate acids yang tertaut ke glycerol dalam lemak dan minyak memiliki R-group yang panjang dan tidak bercabang yang disebut fatty acid. Struktur fatty acid inilah yang membedakan antara lemak yang padat dan minyak yang cair

Bila lemak dan minyak ini kita masukkan dalam larutan basa (NaOH atau KOH), maka akan terbentuk glycerol dan sabun. Proses ini disebut saponification (Latin: sapo yang artinya soap) atau pembuatan sabun. Tiga jenis umum sabun adalah sodium stearate, sodium oleate, dan sodium linoleate.


Reaksi lemak atau minyak menjadi glycerol dan sabun (Credit Photo: amrita.olabs.edu.in)

Sabun merupakan garam sodium atau potassium dengan rantai panjang fatty acid. Rangkaian panjang ini tidak eksis secara individual di dalam air. Justru sebaliknya, rangkaian ini akan merancang dirinya sendiri membentuk bulatan yang disebut micelle.

#Bersambung

32 comments:

  1. ooo baru tahu. saya ingat micellar tu sebahagian nama brand. tapi yang pasti 2x tak sesuai untuk kulit saya. kalau pakai kulit akan kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga jenis kulit kita yang tak cocok dengan air macam ni...

      Delete
  2. Saya nggak pakai make up hihihi....jadi hanya menyimak artikel ini aja sambil menunggu bagian 02

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi...cucinya pake air biasa mas, tapi jangan lupa facial washnya..ada banyak jenis produk facial wash,...yang buat man kalo mau manly...;)

      Delete
  3. Saya jujur belum pernah coba pembersih ala ala miclear water soalnya ada beberapa orang pun ga cocok dan akhirnya breakout.. tapi untuk yang cocok pasti hasilnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul Banget, memakai Pembersih wajah itu perlu, agar wajah nampak bersih berseri seri sepanjang hari, namun bagaimana jika pemakaian nggak cocok ?.....

      solusinya...pake aja Pembersih wajah micellar water

      Delete
    2. @mbak vika...:jangan dipaksain

      @mas asnaji...:kirain tadi solusinya soap in water

      Delete
  4. Saya ga terlalu paham kalo masalah pembersih muka, soalnya bersihin muka cuma pas mandi pagi dan sore saja mbak.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga apa-apa, asalkan waktu mandi jangan lupa cuci muka...itu juga cukup..
      Lebih baik lagi kalo sebelum tidur juga cuci muka...

      Delete
  5. Saya pake produknya yg warna biru tapi pakenya kalau abis make up tebel, walaupun katanya sisa2 minyak terangkat dan bersih tetep aja saya cuci muka lagi pake pembersih wajah hehe 😄

    ReplyDelete
  6. Saya duku pernah pakai ptoduk micellar water dari garnier itu, tapi sayang nggak cocok di muka saya😞

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga cocok juga ya buat mbak Astria...? Banyak di antara kita yang ga cocok dengan produk baru ini...

      Delete
  7. Pembersih wajah,,,cuma ini yg saya pake,,,tapi kok gk ada efeknya,,,tetep aja item wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah cakep gitu...!!! ga ada masalah soal warna kulit...sama aja, yang penting personality dan ketaqwaan (menurut ajaran Islam)

      Delete
  8. Baru tahu tentang produk ini, kalau dibaca reviewnya sepertinya cocok juga buat membersihkan kulit wajah saya :D

    ReplyDelete
  9. Wah aku baru tahu dong, padahal aku pakai ini udah lama hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata cocok ya mbak...?? Yang saya ulas adalah prinsip kerjanya berdasarkan karakteristik micelle

      Delete
  10. wakakakakak, mbaaa... saya jadi auto ngakak baca Rinso hahahaha
    Saya pakai micellar water ini, tapi yang warna biru :D
    Dan pastinya tetep disudahi dengan cuci muka pakai sabun lagi, biar double cleansing hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak...saya ga bsa dengar surfaktan dan deterjen mbak...memori bersama rinso terlalu kuat

      Delete
  11. Wah bermanfaat banget nih artikelnya. Terima kasih atas sharingnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mbak...terimaksih juga udah mampir di sini

      Delete
  12. Belum pernah aku pakai produk ini, kak.
    Sepertinya sih ada kemiripan formula dengan pembersih wajah instan brand O, betul ngga sih ?

    ReplyDelete
  13. Sama seperti Mas Aris, saya juga tidak pakai make up harian :D wajah saya polos-polos saja, Kakak ... karena sering merasa 'berat' kalau pakai make up :D tapi pos ini jelas mencerahkan.

    ReplyDelete
  14. Mbak Tuteh mah udah cantik dan selalu cerah, ga perlu make-up juga...;)

    ReplyDelete
  15. produk garnier itu apa ada yang khusus kulit kering ya mbk

    ReplyDelete
  16. Aku punya tapi belum kupakai. Karena masih ada lagi pembersih wajah. Duh, wanita banyak amat skincarenya.

    ReplyDelete
  17. mari bergabung dengan kami di ionqq_com
    menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera bergabung yuk dengan kami ^^

    ReplyDelete
  18. nggak tahu kenapa sih ya, dr tahun lalu selalu ngandelin micellar water buat double cleanser dan mayan lah muka jd makin cerah.. andalanku micellar water garnier sm wardah.. hhh

    ReplyDelete
  19. dulu pernah pake micellar dari garnier yang biru tapi nggak cocok huhu

    ReplyDelete

@eerlinda2005