Wednesday, March 27, 2019

Adakah perbedaan antara Micellar Water dengan soap in Water? (Bagian 02)

Pembersih wajah micellar water yang dikemas oleh Garnier

Seperti yang telah didiskusikan sebelumnya (bagian 01) bahwa sabun adalah garam sodium atau potassium yang memiliki rantai panjang fatty acid. Rangkaian panjang ini tidak eksis bila secara individual di dalam air, sehingga rangkaian-rangkaian ini akan membentuk bulatan yang disebut micelle.

Setiap micelle terdiri dari 50 hingga 100 rantai panjang yang menyerupai sebuah bola besar. Polar head atau ujung kepalanya adalah bagian luar bola karena pengaruh atraksi dari air, ujung kepala iini suka air. Sementara nonpolar tails atau ujung ekornya dibenamkan di bagian dalam bola untuk me-minimize atau menghindar kontak dengan air. Artinya ujung ekor ini memang paling benci dengan air. 

Ilustrasi micelle (Credit: Istock by getty image)

Sabun memiliki kemampuan sebagai”pembersih” karena adanya nonpolar pada molekul lemak atau minyak. Molekul dengan nonpolar (bagian ujung ekor yang takut air) ini bila terkena air mampu mengangkat, meletakkan, dan membawa kotoran tersebut di tengah bulatan micelle, atau dengan kata lain kotoran akan larut dalam non polar interior micelle.

Karena permukaan micelle ini memiliki muatan negative, individual micelle biasanya cenderung saling tolak menolak dari pada merger atau bersatu membentu bulatan besar.

# Surfaktan (Surfactant)

Istilah surfactant ini adalah singkatan dari ‘surface active agent’. Surfaktan adalah senyawa yang menurunkan suface tension. Deterjen adalah surfaktan.

Surfaktan? Deterjen?

Benarkan, jadi ingat Rinso, “mencuci sendiri”.

Sabun yang kita buat ini, bila larut dengan air yang mengandung calcium atau magnesium yang terbawa dari tanah atau bebatuan, mengakibatkan micelle bereaksi dan membentuk endapan putih (scum).

Untuk mengatasi endapan putih ini maka dibuat bahan sintetik yang memiliki properti seperti sabun, tapi tidak meninggalkan bekas seperti sabun bila bertemu calcium dan magnesium ion. Sabun sintetik yang dikembangkan ini disebut detergents, dari bahasa Latin detergere yang artinya sapu bersih.

Jadi deterjen itu artinya mencuci sendiri dan deterjen itu adalah sabun sintetik, seperti telah kita ketahui bahwa karakter sabun adalah membentuk micelle.

Begitu juga dengan micellar water yang mampu membilas sendiri. Seperti yang dijelaskan Joseph Cincotto, bahwa micellar water adalah kombinasi air, glycerin, dan surfaktan dengan konsentrasi yang rendah. Surfaktan akan membentuk micelle dan beraksi sebagai magnet terhadap kotoran serta minyak.

Penasaran tentang kemampuan membersihkan sendiri micellar water ini, saya akhirnya hanya merujuk pada pendapat seorang ahli kulit yang mengatakan bahwa micellar water dapat membantumu membersihkan wajah dari make up yang tersisa, namun bila menginginkan deep-cleansing, facial soap (liquid atau bar) dan air tidak bisa dielakkan.

47 comments:

  1. wah makin banyak aja ya gan produk produk water yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita ;)
    makasih informasinya gan ;)

    ReplyDelete
  2. Benar gan, ternyata tidak cukup hanya dengan air bersih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya manggut manggut aja liat pos nya, ngomong ngomong neng Admin suka make soap in Water ya ? kalau gitu sama dong.

      Delete
    2. Mana buat saya soap in Water nya...?

      Delete
  3. Oh ternyata deterjen artinya mencuci sendiri seperti yg diiklankan oleh rinso baru tahu nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soap in water, deterjen, surfactant, ya sama aja...mengandalkan micelle untuk bebersih... Kita udah tau kan bagaimana air ketemu minyak, ya lewaat aja...

      jadi kalo membersihkan muka yang memang berminyak (dan kotoran juga menempel ke minyak), atau make up yang ada unsur per-minyak-annya, maka air tidak akan mampu karena air tidak bsa menyatu dengan minyak, apalagi mengangkt minyak dan kotoran itu.

      Di sinilah, sabun berperan, mengandung bahan pencuci, namanya MICELLE...micelle ini akan membantu meresap, mengangkat, dan membawa minyak dari wajah, kulit, ataupun pakaian...deterjent yang mengandung surfactant adalah fungsi "sabun" yang diperbagus lagi dengan bahan sintetik...dan micellar water, adalah air yang dicampur dengan surfactants yang sangat halus, yang tidak akan membahayakan wajah (banyak juga yang tidak cocok)...

      Bener mas Aris detergent means wiped off



      Delete
  4. Jadi, tetap pada akhirnya kalau deep cleansing tetap menggunakan sabun muka dan air ya, Kak.

    ReplyDelete
  5. ohh begitu ya ..done folow boleh follow saya balik mba

    ReplyDelete
  6. Micellar water ini intinya hanya sbg pembersih make up lah ya? Kalau mau bersih total ya tetep butuh sabun muka dan air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut Garnier, pada mulanya micellar water ini di-create untuk wanita Paris, karena Paris kota airnya jelek, dan dapat merusak wajah, sehingga dibuat air pembersih wajah yang sudah ada surfactant (yang bersifat seperti "sabun") sehingga wanita Paris ini tidak perlu membilas lagi dengan air...begitu Garnier memasarkan di pasar Amerika yang airnya melimpah dan standarnya langsung bias diminum dari keran air...dan begitu banyak produk facial wash tentunya Garnier melakukan "approach" yang berbeda... jadi ya kalau mau deep cleansing, gunakan produk kecantikan yang lain...wkwkwk

      Delete
  7. lazimnya micellar water ni ada paraben, kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk pasti boleh tengok ingredients di belakang botol...;)

      Delete
    2. bagi saya jangan percaya 100% ingredient di belakang botol hahaahahahah

      Delete
  8. wih, ngomongin sabun, surfactan, molekul nonpolar jadi inget materi kuliah dulu. kuliah kimia anorganik.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga materi kuliah dulu mbak...yang mesti diingat lagi..biar ga cepat jadi "pelupa"

      Delete
  9. kalau produksi garnier berarti ada di dekat rumah aku dong alfa dan indo boleh untuk istri nantinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garnier adalah produk massal dari Loreal Group yang memasarkan produknya ke lebih dari 64 Negara...moga-moga produk Garnier cocok buat istri (hehehe, koq saya seperti promosi produk Garnier yaa??)

      Delete
    2. Loh, kan memang kak Lantana dutanya brand itu .. :)

      Hayooo, pura~pura amnesia, yaa ..

      Delete
  10. Saya jadi tahu perbedaan antara miceller dengan sabun, sepertinya saya juga pernah mempromosikan produk ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beruntung mas DB bsa promosiin produk, di sini saya pake Garnier hanya sebagai salah satu contoh dari micelle. Ya, sabun mengandalkan micelle untuk mengangkat kotoran

      Delete
  11. wakakakakak.. mbaaa... kok hadirkan si rinso lagi, gara-gara baca tulisan di sini, setiap saya cuci muka pakai micellar water kok semacam ingat cuci muka pakai rinco mba, jadi berasa kering kerontang wajah hahaha

    Tapi keren juga ya, itulah mengapa sekarang micellar water lagi booming di mana-mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkakwaka....kata-kata iklan Rinso itu benar-benar melekat di hati dan ingatan...dulunya kebanyakan nonton TV yang ratingnya tinggi...ini ni dampaknya

      Ternyata ga cukup wajah doang, rambut saya juga sudah dimasuki micellar water, dengan micellar water shampoo...ada dari Pantene..tapi saya pakenya yang Herbal Essences Blue Ginger and micellar water... bener mbak Rey, emang lagi booming..

      Delete
  12. Kalau membaca
    "micellar water yang mampu membilas sendiri. Seperti yang dijelaskan Joseph Cincotto, bahwa micellar water adalah kombinasi air, glycerin, dan surfaktan dengan konsentrasi yang rendah. Surfaktan akan membentuk micelle dan beraksi sebagai magnet terhadap kotoran serta minyak.""

    apakah artinya berfungsi sama dengan arang yang menyerap kotoran?
    jadi ingat sabunt cuci muka yang katanya ada arangnya itu,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau arangnya mengandung sifat hydrophobic dan hydrophilic seperti yang dimaksudkan Cincotto maka prinsip kerjanya akan sama

      Delete
    2. ow,, begitu, okelah mbak, trimakasih infonya,

      Delete
  13. jadi ternyata begitu ya micellar water..

    ReplyDelete
  14. berbagai macam manfaat dari micella water ini bisa jadi opsi pertimbangan bagi kita dalam mengkonsumsinya ya kak :)

    ReplyDelete
  15. jadi inget kuliah kimia organik fisik dulu
    surfaktan reaksi saponifikasi
    LAS ABS dan teman-temannya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idenya penulisan ini juga dari "memori" materi kuliah organic chemistry Lab, yaitu di sapinifikasi..:)

      Delete
  16. Aku sejujurnya belum pernah coba pakai micellar water loh. Bersihin muka standar aja facial wash biasa trus diguyur air di kran hihihi. Jadi gimana ya baiknya? Setelah menggunakan micellar water tetap pakai sabun cair lagi atau ga? Soalnya kulit wajahku berminyak dan sensitif. Thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga yang kulit mukanya complaint dengan micellar water mbak...pake yang ada aaja yang udah cocok...kasian ntar kulit wajahnya jadi "stress"...;)

      Delete
    2. Hehehehehe... Betul juga sih ya. Tapi kalau pas acara make up tebal sepertinya butuh Micellar water :) Ysng penting air biasanya kudu lebih banyak kena wajah kita biar yakin bersih dan aman.

      Delete
  17. Wah kalo saya malas pake Micellar Water karena boros dan mahal sekarang pake. Cleansing balm dan cleansing brush aja kaka. Kak tolong moderasi komen biar bisa semua org soalnya g+ mau tutup

    ReplyDelete
  18. Iya mbak cost-nya agak lebih...yang sudah ada juga lebih dari cukup..:)

    Thanks yaa...udah ngingetin...and Goodbye G+ rest in peace...:(

    ReplyDelete
  19. Membaca penjelasan produk di sini itu punya nilai lebih. Terutama bagi yang kurabg mengikuti perkembangan produk kecantikan seperti saya ini. Setiap membaca ulasan disini, tak hanya tentang review pasca pemakaian dll. Tapi juga ilmu dari kandungan material yang digunakan. Terima kasih mbak Lantana. Sudah memberikan informasi yang double 🥰

    ReplyDelete
  20. Aku jadi tercerahkan, mbak. Bukan hanya tahu cara pakai micellar water namun juga bahan-bahan yang dikandungnya. Aku tetap lebih nyaman dengan facial soap.

    ReplyDelete
  21. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete
  22. mari bergabung dengan kami di ionqq_com
    menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera bergabung yuk dengan kami ^^

    ReplyDelete
  23. istri saya pengguna micellar water ini

    ReplyDelete
  24. muka saya bermasalah minyak

    saya perlu berhati-hati untuk memilih sabun yang sesuai

    ReplyDelete

@eerlinda2005