Wednesday, April 8, 2020

Teori Konspirasi tentang asal mula penyebab Pandemic Covid-19 (Bagian 1)

Jalanan sepi di Wuhan, China (Courtesy: C.R. Holmes)


Sejak awal Januari, sebelum perayaan Imlek 2020, berita corona virus ini sudah terdengar, di Facebook beredar video yang di tuduh pasar (wet-market) di China, yang menyebabkan virus misteri yang telah membunuh masyarakat Wuhan. Saat itu saya curiga, karena orang-orang di video dan suasananya sangat familiar. Saya “search” video aslinya, yang ternyata adalah salah satu pasar di negeri sendiri, di bagian utara pulau Sulawesi.

Kalau contoh di atas adalah video kebohongan, seolah2 itu adalah pasar di Cina yang meyebabkan sumber virus korona, namun itu adalah pasar di bumi Pertiwi, Indonesia.

Hakekatnya, pasar seperti ini merupakan bagian dari kehidupan kita. Sebahagian dari kita lebih menyukai hasil tangkapan alam, masih suka binatang liar dari pada yang diternak, langsung di potong setelah “akad” jual beli. Jadi daging itu terasa lebih segar dan super yummy bagi penggemarnya. Juga diyakini memberikan efek “kuat” pada bagian atau organ tubuh tertentu.

Seiring dengan waktu, Februari, korban dari virus meroket di Italy, dan Maret jumlah yang terinfeksi di USA saja hampir mengalahkan jumlah yang terinfeksi di dunia.

Dugaan dari mana asalnya dan bagaimana bermulanya si virus menjadi tanda tanya. Tidak ada kejelasan yang bisa memberikan sedikit kepastian. So, lahir berbagai teori tentang berawalnya kehadiran coronavirus, dari yang sangat fantastik hingga teori yang diragukan untuk dipercaya.

Beberapa teori yang saya “investigasi” sejauh ini adalah:
- Corona virus ini adalah senjata biologi yang dibuat Cina
- Corona virus bermula dari Tentara Amrik yang membawa virus ke Wuhan, dan bocor.
- Corona virus merebak keluar dari tabung percobaan yang bocor, karena kecelakaan di labor.
- Corona virus berasal dari Pasar (wet market) hewan liar di Wuhan.
- Corona virus berasal dari kotoran kelelawar yang digunakan sebagai pupuk oleh petani.

Bersambung ke Bagian 2.

22 comments:

  1. memang tragedi virus korona sudah seperti tragedi di film-film zombie yang biasa kita tonton ya mbak.. gw sendiri sih sepemikiran kalo mungkin aja virus ini senjata biologi yang sengaja di sebarkan, seperti yang di fim-film itu.. tapi semoga aja sih enggak ya :D

    ReplyDelete
  2. Aku juga sempat menduga, kalau virus mematikan ini adalah virus buatan manusia.
    Virus sengaja diujicoba disebarkan sebagai perang biologis, bukan fisik.

    Tapi semoga saja dugaanku dan dugaan sebagian orang itu adalah tidak benar.
    Dan sangat berharap, epidemi covid-19 segera berakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua masih dugaan mas, ada yang fantastic dan ada yang hamper mengena.

      Delete
  3. Lagi enak enak baca teori konspirasi tentang virus Corona kok bersambung bagian kedua.😂

    Ada juga yang bilang kalo virus itu bikinan Israel dan Amerika.

    Ada juga yang bilang kalo covid-19 itu bikinan organisasi Illuminati untuk membunuh penduduk dunia agar tinggal 500 juta saja sesuai agenda mereka yaitu new order world.😰

    Ada yang bilang kalo virus itu dari planet alien yang akan menginvasi planet bumi.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget, udah nambah panjamg list nya ;)

      Delete
    2. Sama sama mbak.

      Selain tiga konspirasi diatas, ada juga konspirasi lain yaitu virus Corona ini sengaja disebar oleh perusahaan farmasi dan agar orang membeli obat dari perusahaannya, tapi mereka tidak menyangka akan separah ini, targetnya cuma separah virus sars dulu doang.

      Ada juga yang menuding WHO (badan kesehatan dunia) sebagai agennya. Pokoknya macam macam lah. Kalo aku jabarkan semua takutnya malah pada takut terutama yang new order world.😱

      Delete
  4. Iya saya juga pernah menginventaris hoax dan teori tentang pandemik ini. Tapi semua susah untuk ditelisik lebih jauh. Bahkan mungkin waktu juga tak akan menjawabnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, saya juga lagi nungguin ni. Tapi untuk pastinya, sepertinya perlu waktu lama.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. iya kak aku juga penasaran darimana datangnya si corona ini. mungkin juga buatan manusia, yang jelas apa yang terjadi di dunia ya atas kehendak-Nya jua. semoga segera pulih dunia damai kita ya

    ReplyDelete
  7. sempet kepikiran, kalau misal dampaknya bakal sebegininya, ini berasa kayak virus yang memang 'dibuat' sih :'

    ReplyDelete
  8. Kabarnya dengar-dengar begitu. virus covid 19 ini adalah hasil senjata biologisnya Amerika yang bocor. Kalau benar iya mengapa ada manusia-manusia yang sekejam itu sehingga banyak korban manusia berjatuhan di muka bumi.

    ReplyDelete
  9. Klo dari beberapa jurnal sih sumbernya kelelawar

    ReplyDelete
  10. Memang banyak sekali berita yang simpang siur mengenai penyebab awal dari mana asalnya Corona ini sih, Mbak. Salah satunya yang kuat adalah virus ini dari kelelawar.

    Kalau benar Coronavirus yang mewabah di antara para manusia ini dari kelelawar, lalu kenapa harus berawal di Cina, tepatnya di Wuhan di mana wet market berada? Padahal kan di Indonesia juga ada pasar serupa yang memperjualbelikan hewan liar termasuk kelelawar. Yang mengkonsumsi kelelawar pun di negeri ini juga banyak. Tapi nyatanya coronavirus muncul pertama di Cina. Intinya sih semua itu terjadi pasti karena kehendak Tuhan.

    Semoga saja masa-masa pandemi ini segera usai. Berat rasanya menanggung rindu karena gak bisa pulang kampung untuk bertemu orang tua. Apalagi sebentar lagi lebaran.

    Semoga kita semua diberi kesehatan ya, Mbak.🙏

    ReplyDelete
  11. Dua hari ini aku malah nonton youtube ttg konspirasi virus ini. Duh seperti nonton film, ikut deg-degan dan emosi. Tapi kan belum ada buktinya atau memang susah dibuktikan.

    ReplyDelete

@eerlinda2005