Sunday, August 4, 2024

Mengukur Tekanan Darah

 

Ilustrasi: Lili ungu


Tingginya tekanan darah itu seringnya tidak terasa dan tidak menunjukkan gejalanya, sehingga kita tidak tahu kalau kita memiliki tekanan darah tinggi. Jadi, ukuran yang tepat untuk mendapatkan angka tekanan darah yang akurat itu penting. 

Ada beberapa tip untuk bisa mendapatkan angka yang tepat dalam pengukuran tensi ini, apakah dengan cara melakukan sendiri di rumah, ruang praktek dokter, atau di klinik/rumah sakit:
  • Jangan minum minuman yang ada kandungan kafeinnya  atau merokok selama 30 menit sebelum cek tensi, dan duduk tenang selama 5 menit sebelum diukur.
  • Waktu diukur, duduk di kursi dengan kaki lurus dan telapak kaki di lantai dan letakkan tangan di pegangan/tangan kursi untuk menopang dan posisi siku (elbow) sejajar dengan jantung.
  • Cuff alat pengukur seharusnya menutupi paling sedikit 80% lengan atas, dan cuff dibalut ke kulit, tidak di pakaian yang menutupi lengan.
  • Jangan bicara saat pengukuran.
  • Coba double cek (ukur dua kali) dengan sedikit berjarak dan jika bedanya 5 poin atau lebih maka coba yang ketiga kalinya. Kalau bedanya 10 poin, barangkali ada masalah serius.

8 comments:

  1. untuk yang U40 udah harus sering2 ngecek nih

    ReplyDelete
  2. saya tak pernah check tekanan darah๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga tekanan darahnya terkontrol dan dalam batas normal.

      Delete
  3. saya cenderung tinggi
    tapi kadang normal juga
    mungkintipsnya bisa saya praktekkan kalau mau ngukur tekanan darah

    ReplyDelete
  4. Selama ini kalo cek ke dokter msh selalu aman. Tp saya blm pernah lagi cek gula dan kolesterol. Ini yg sbnrnya wajib diulang. Moga2 sih aman, ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete

@eerlinda2005