Monday, February 5, 2024

Sakit kulit Cellulitis

 

Ilustrasi: Pantai Galang

Seorang ibu tengah baya harus berangkat sendiri ke gawat darurat (Emergency Department) di "pagi buta" karena sepanjang malam tidak bisa tidur, tangan kanannya bengkak dan hangat, sangat bengkak dan sakit bila disentuh, suhu badan pun memanas. Karena takut semua badan bengkak, akhirnya harus cari pengobatan yang "real".

Setelah menunggu beberapa saat dan sudah di dalam ruang pasien. Dokter cantik yang menangani si ibu, berkata bahwa ia kena cellulitis. Apa? "Tapi saya bengkak di tangan gini, Dok. Saya ga ada masalah dengan buang air besar". Kasihan, si ibu yang merintih kesakitan, jadi dibuat bingung oleh dokter cantik. "Maksud Ibu sembelit?" Dokter memastikan.

"Ooohh, saya tahu, itu lho, istilah keren stretching marks, atau birth marks, yang bisanya di kulit yang pernah meregang, atau tanda gores di perut ibu yang yang melahirkan" si Ibu jadi ingat percakapan-percakapan masalah kesehatan yang pernah mereka bahas. Ia pun sekarang jadi tidak hanya sakit dan bingung, tambahan lagi cemas. bakal dapat garis-garis selulit.

Dokter tersenyum, ia meluruskan pemahaman si ibu tentang cellulitis dan menenangkannya. "Cellulitis itu infeksi pada lapisan kulit yang dalam".

*bersambung

3 comments:

  1. Kok aku jg baru tau istilah itu ya... hmmm... hrs baca sambungannya nih biar paham

    ReplyDelete
  2. Hahaha cellulitis dikira sembelit atau susah buang air besar. Eh tapi aku juga tidak terlalu paham cellulitis sih.😅

    ReplyDelete

@eerlinda2005