Friday, March 3, 2023

Apa yang dimaksud Couvade Syndrome?




Ilustrasi di atas diambil dari Springfield Family Doula Services. Dari kartun di atas dapat dipahami perasaan dan gejala kehamilan yang dialami si ibu, juga dialami si bapak. Istilah yang digunakan untuk kondisi ini disebut simpatisan kehamilan atau istilah kesehatannya Couvade syndrome. 


Terkait dengan istilah ini, konsep yang kita sering dengar sehari-hari adalah suami yang ngidam, istrinya biasa-biasa saja, atau justru suaminya yang mual dan muntah-muntah. Kalau gambaran di atas dua-duanya sama-sama ngidam. 


Dari beberapa sumber, dinyatakan bahwa Couvade syndrome, yang istilah kerennya sympathetic pregnancy terjadi pada beberapa laki-laki (suami) ketika pasangan mereka sedang hamil. Couvade syndrome mengikuti gejala kehamilan sesuai dengan yang dialami wanita, laki-laki (suami) juga mengalami perubahan setiap nambah bulannya. Bakal ayah ini mengalami mual, muntah-muntah, sakit perut, sakit pinggang, atau sering-sering buang air kecil, pipis melulu. bahkan ada juga yang nambah berat badan, seiring dengan istrinya yang tentunya berat badannya bertambah.

No comments:

Post a Comment

@eerlinda2005