Monday, June 15, 2020

Immune Response to (Secondary) Viral Challenge



Pada setiap perang, tidak mudah untuk mengalahkan musuh jika identitas dan asal musuh tidak diketahui, namun jika musuh terdeteksi dan diketahui apa dan bagaimananya, maka mereka bisa dicegah.


Begitu juga dengan tubuh manusia, begitu imun (kekebalan) tubuh terbentuk, apakah karena setelah infeksi sebelumnya atau karena diberikan vaksinasi, akan memungkinkan terbentuknya pertahanan dan mobilisasi yang cepat dan spesifik dalam upaya mecegah gejala-gejala sakit, mempercepat pembasmian virus, dan mencegah berkembangnya infeksi pada tubuh yang bertujuan untuk mencegah penyakit.


Kejadian di atas adalah yang dimaksud dengan the secondary viral challenge. Pada secondary viral challenge ini, tubuh tidak memiliki gejala infeksi. Antibodi, memori B dan T cells hadir untuk kekebalan kekebalan inang (sel di tubuh kita) yang bertujuan menghasilkan “booster” respon terhadap virus. IgA dihasilkan secara cepat untuk menyediakan pertahanan penting terhadap terjadinya infeksi ulang ke seluruh bagian (opening) tubuh.


Apakah kita tidak akan sakit lagi setelah terinfeksi (atau setelah terjadinya the secondary viral challenge)?


Inang (sel di tubuh kita), virus, dan faktor lainnya menentukan hasil bagaimana tubuh merespon infeksi virus.
Faktor inang termasuk genetik, status kekebalan (imun) tubuh, umur, dan kesehatan secara umum di setiap individu.
Faktor virus, meliputi strain virus, dosis infeksi, dan cara masuk virus ke dalam tubuh.
Diperlukan waktu untuk memulai proteksi kekebalan, peningkatan respon, peningkatan kontrol terhadap infeksi, dan juga potensi terhadap imunopatologi dari infeksi yang berbeda setelah terjadinya primary infeksi, atau infeksi yang pertama.


Hingga saat ini, obat untuk mencegah dan mengobati pasien Covid-19 belum ditemukan, begitu juga dengan vaksinnya. Jadi, the secondary immune response ini menjadi andalan sebagai herd immunity.

4 comments:

  1. Berarti orang yang terkena virus Corona lalu sembuh bisa terkena lagi jika tidak ada peningkatan sistem imun tubuh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga. sebab bila saya perhatikan mereka yang meninggal dunia (di Malaysia) ramai yang terdiri daripada warga tua selain daripada mereka yang ada penyakit 3 serangkai dan juga perokok

      Delete
  2. banyak faktor ya buat virus bisa dierang lagi oleh siste kekebalan tubuh
    makanya orang tua sangat rentan sekali dengan corona ini

    ReplyDelete
  3. Wah, pada intinya sih, harus jaga kesehatan saja. Makan sehat, olah raga, dan tetap bahagia.

    ReplyDelete

@eerlinda2005