Sunday, January 14, 2024

Peran paramedis di komunitas masyarakat


 Ilustrasi: Suatu pagi.

Bagaimana tidak jealous kalau lihat orang yang dengan profesinya bisa melakukan peran yang berbeda, contohnya saja dokter dan perawat. Mereka bisa berperan dalam banyak hal, seperti contoh, sebagai:

  • Leader, sebagai seprang leader, profesi ini bertanggung jawab dalam memulai, merencanakan, membuat strategi dan kolaborasi, dan berkerjasama dengan group-group di komunitas masyarakat untuk membuat program-program yang focus pada kebutuhan populasi tertentu dalam masyarakat itu.
  • Educator, sebagai pendidik, mereka berperan dalam mengajar nutrisi, mengendalikan rasa stress, olahraga, keselamatan, pencegahan penyakit menular, tumbuh kembang anak, Biasanya mereka menggunakan pamphlet atau selebaran.
  • Clinician, berprofesi sebagai tenaga klinik, mereka beraktifitas dalam mengukur tekanan darah tinggi, gula darah, kolesterol, pendengaran, dan penglihatan.
  • Adocate, profesi ini menyediakan informasi berhubungan dengan sumber yang diperlukan
  • Collaborator, mereka bergabung dengan social service dan para professional di bidang Kesehatan lainnya sebagai team member untuk mengatasi kebutuhan Masyarakat.
  • Researcher, sebagai peneliti, mereka bertugas menginvestigasi issue atau masalah, berdialog dengan warga masyarakat, mengumpulkan data, menganalisa hasilnyam dan menyebarkan hasil riset.

 Mereka juga bisa bekerja di berbagai tempat, ada 7 besar tempat dimana mereka bisa membina karirnya, seperti perumahan masyarakat, ambulatory services, kesehatan okupansi atau karyawan, rumah ibadah, residential institusi, dan komunitas secara besar, Profesi ini juga tidak harus berdasarkan lokasi kerja, tapi berdasarkan prakteknya, tergantung kondisi populasi masyarakat setempat. 

4 comments:

  1. Mantap ya dokter dan perawat, bisa jadi educator, leader, clinician dan lainnya.

    ReplyDelete
  2. saya pernab juga terfikir sebegini
    tapi apakan daya
    ilmu yang ada agak terbatas

    ReplyDelete
  3. Salut memang ada beberapa profesi yg bisa melakukan banyak hal mba. Krn berarti selain lebih fleksibel, cara berfikirnya juga cerdas. Aku sendiri susah kalo hrs melakukan banyak peran berbeda. Lebih memilih fokus di 1 hal.

    ReplyDelete
  4. Peran yang tentu saja membawa banyak manfaat ya. Makasih banyak berbaginya ini. Semoga sehat selalu.

    ReplyDelete

@eerlinda2005