Thursday, June 4, 2020

Lima syarat yang harus dipenuhi oleh jantung untuk memompa secara efektif dan efisien



Di saat saya lagi berusaha meminimalis penggunaan plastik, eh, ada yang nawarin produk cantik mungil berbahan plastik. Katanya sih ini adalah plastik daur ulang, Saya lagi malas berargumen, lagian dari dulu saya suka tas, dompet, sandal yang transparan begini, ya di beli aja. Kasihan juga yang nawarin, katanya perlu beli sembako. Sekarang saya punya dompet baru yang transparan, ada gambar siluet bunga raya (Malaysia's National Flower) atau bunga Hibiscus rosa-sinensis

Ngomongin apa lagi yaa??

Lanjut lagi masalah jantung. Ini teori banget, so....ALERT : Buat yang BeWe silakan SKIP, dan ditunggu jejaknya, tengkiu 😍

Untuk efektif dan efisiennya ventrikel jantung memompa, jantung mesti berfungsi dengan baik. Ada lima kondisi yang harus dipenuhi oleh sehat dan idealnya jantung:
  1. Kontraksi setiap individu sel otot jantung harus terjadi pada regular interval dan harus sinkron ( TIDAK arrhythmic)
  2. Katup harus terbuka lebar (TIDAK stenotic)
  3. Katup tidak bocor (TIDAK insufficient atau regurgitant) atau prolapse (hole)
  4. Kontraksi otot jantung harus kuat (TIDAK failing)
  5. Ventrikel harus terisi dengan tepat saat diastole.

Seperti diketahui bahwa jantung berkewajiban memompa darah. Darah mengalir ke seluruh penjuru tubuh dan organ secara PASIF dan terjadi HANYA karena arterial pressure “dijaga” lebih tinggi dari venous pressure oleh aksi pompa jantung. Jantung sebelah kanan memompa dengan kekuatan yang mampu memindahkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan organnya.

Jumlah darah yang dipompa setiap menit dari setiap ventrikel (cardiac output, CO) ditentukan oleh jumlah volume darah yang dikeluarkan (stroke volume, SV) dan jumlah detak jantung per minute (heart rate, HR).
CO = SV x HR
atau satuannya: volume/minute = volume/beat x beats/min

Stroke volume harus sama dengan volume darah dalam ventrikel saat akhir diastole (end-diastolic volume, ADV) dikurangi volume ventrikel saat akhir systole (end-systolic volume, ESV).
SV = EDV – ESV

Jadi stroke hanya beruubah dengan adanya perubahan pada EDV dan/atau ESV. Implikasinya terjadi pada cardiac output, yang hanya berubah bila ada perubahan pada HR, EDV, dan/atau ESV.

5 comments:

  1. Oh ternyata ini lima syarat agar jantung bisa memompa secara efektif dan efisien ya.

    Kontraksi setiap individu sel otot jantung harus terjadi pada regular interval dan harus sinkron

    Katup harus terbuka lebar

    Katup tidak bocor.

    Kontraksi otot jantung harus kuat.

    Ventrikel harus terisi dengan tepat saat diastole.

    Makasih infonya 😃

    ReplyDelete
  2. Duuh aku berpikir keras memahaminya 😂😂😂 jadi rumus2 di atas bisa kita itung sendiri atau gak ya? Kayanya kok orang awam gak ngerti 😂

    ReplyDelete
  3. "Kontraksi setiap individu sel otot jantung harus terjadi pada regular interval dan harus sinkron." Saya detak jantungnya regular dan sinkron, tapi ada satu yang grafiknya terbalik.
    Jadi ingat pas jalan-jalan di Kamboja, pas di hotel kok rasanya detak jantungnya kencang banget dan berlebihan. Pulang-pulang, cek ke dokter umum dan dinyatakan ada gejala aritmia. Tapi karena di rumah sakit itu dokter jantungnya baru saja resign, saya disuruh ke rumah sakit lain. Pergilah saya ke RS Harapan Kita dan ke dokter spesialis Aritmia. Dua kali kunjungan, sampai pakai holter alat pemindai detak jantung 24 jam segala, nggak ada gejala aritmia. Tapi ada T Wave abnormality, yang katanya jantung saya punya dua generator listrik (normalnya cuma satu). Terus di dokter itu minta saya operasi supaya generator yang satu dimatikan dengan cara dilistriki. (Soal ada satu detak jantung yang terbalik, saya sudah tahu dari lama pas iseng tes kesehatan sekitar 10 tahun yang lalu.) Berhubung setelah saya browsing-browsing, gnerator dua di dalam jantung itu bukan hal yang jarang, ya sudah, saya tolak tawaran operasinya.

    ReplyDelete
  4. ngomongin ventrikel wah jadi berasa kuliah kedokteran nih mbak hehehe lamaaanya aku nggak berkunjung di mari.

    ReplyDelete
  5. andai kata EDV ok tapi ESV tak ok or vice versa, apa akan jadi seterusnya?

    ReplyDelete

@eerlinda2005