Monday, October 7, 2019

Kelenjar dan sel apa saja yang terdapat pada lambung?

Ilustrasi: Gambar anatomi dinding lambung.


Keterangan gambar: (a) lapisan tisu dari mucosa hingga serosa. (b) gastric gland, tipe kelenjar yang paling banyak pada lambung. (c) pyrolic gland dari ujung bagian bawah lambung. chief cell dan parietal cell tdak terlihat di sini. (d) bukaan gastric pits ke lambung yang dikelilingi oleh columnar epithelial cell (SEM).


Setelah beberapa kali nge-post tentang makanan dan beberapa enzim serta hormon yang membantu dalam mendegradasi semua makanan yang kita masukkan ke mulut, saya baru sadar bahwa lebih baik saya menghantarkan apa yang menghasilkan enzim dan hormon itu, dan di bagian mana saja mereka berada dalam organ kita ini.

Diskusi tentang pencernaan ini memang tidak akan urut, tetapi dijamin lengkap, asalkan bisa menyatukan setiap fragment-nya.

Organ yang akan didiskusikan pada postingan kali ini adalah lambung. Lambung menerima parasymphatetic nerve fibers dari vagus nerve dan symphatetic fiber dari celiac ganglia. Suplai darah ke lambung adalah dari cabang celiac trunk. Semua darah yang mengalir dari lambung dan intestine (usus) masuk ke sirkulasi hepatic portal dan difilter oleh hati sebelum kembali ke jantung.

Pernah mendengar gastric pits? Gastric pits yaitu lubang dalam gastric mukosa yang permukaannya ditutupi oleh sel yang sama, columnar epithelial. Sel yang paling bawah dari gastric pits mampu membelah dan menghasilkan sel epithelial baru dan hal ini terus berkelanjutan, bermigrasi, menggantikan sel epithelial lama yang luruh bersamaan dengan gumpalan makanan.

Ada tiga kelenjar atau gland yang berbeda pada lambung, yaitu kelenjar cardiac, kelenjar pyloric, dan kelenjar gastric. Ketiga kelendar (gland) ini dibedakan berdasarkan komposisi selnya.

Berikut ini jenis-jenis atau tipe sel pada lambung:

Mucous cell. Sel ini menghasilkan mucus, dominan di bagian kelenjar cardiac dan pyrolic. Pada kelenjar gastric, mereka disebut mucus neck cells, mengecil pada wilayah leher hingga bukaan pada gastric pit.

Regenerative (stem) cell. Ditemui pada dasar pit dan leher kelenjar, membelah secara cepat dan menghasilkan sel-sel baru. Generasi sel yang terbaru bermigrasi ke atas permukaan gastric sekaligus ke arah bawah kelenjar untuk menggantikan sel-sel yang mati.

Parietal cell, terdapat di tengah hingga atas kelenjar (gland). Menghasilkan hydrokloric dan intrinsic factor. Paling banyak ditemukan di kelenjar gastric dan sedikit di kelenjar pyrolic.

Chief cell. Sesuai dengan namanya chief, karena sel ini paling banyak ditemukan, ia menghasilkan chymosin dan lipase (pada bayi), serta pepsinogen (selama kita hidup). Sel ini banyak di kelenjar gastric, namun tidak terdapat pada kelenjar cardiac dan kelenjar pyloric.

Enteroendocrine cell. Tipe sel ini terkonsentrasi pada ujung bagian bawah kelenjar, penghasil hormon dan paracrine messenger yang meregulasi pencernaan. Paling sedikit ada 8 sel enteroendocrine yang berbeda dalam lambung, masing-masing menghasilkan chemical messenger yang berbeda.

4 comments:

  1. kalau baca beginian, aku jadi takjub pada dokter dan ahli terkait yang telah dimampukan oleh-Nya untuk belajar oran tubuh manusia ...ujungnya jadi bersyukur, betapa Tuhan memang Maha Pebcipta yang selalu detiiil banget dalam menciptakan apa pun.

    ReplyDelete
  2. apa akan terjadi pada tubuh sekiranya salah satu sel ini tidak dapat berfungsi dengan baik? atau mengalami kecacatan sejak dilahirkan?

    ReplyDelete
  3. Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan ?? Ayo Gabung dengan Situs RESMI POKER ONLINE TERPERCAYA di www.fanspoker.com
    Deposit dan Penarikan Dana Hanya 1 Menit (selama bank online) BANK BCA, Mandiri, BNI, BRI dan DANAMON Minimal Deposit & Withdraw 10 rb
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  4. Membaca ini, saya merasa seolah duduk di kelas mendengarkan guru biologi menjelaskan kelenjar dan sel dengan bagan di papan tulis.

    ReplyDelete

@eerlinda2005