Friday, October 4, 2019

Jenis, Fungsi, dan Nama Protein.

(Credit: USDA,gov)

Tidak heran kalau para bunda di seluruh penjuru bumi ini sudah berbincang soal masak, resep keluarga, dan tumbuh kembang anak, masalah tentang protein jadi sangat serius.

Bunda memang hebat, pengetahuan mereka luar biasa, keberadaan protein dalam tubuh kita ternyata sangat banyak.

Secara umum beberapa fungsi protein diklasifikasikan sebagai berikut:

Protein sebagai struktur. Fungsi: menyediakan support secara mekanis terhadap sel dan tisu. Contohnya, di luar sel, collagen dan elastin terdiri dari matriks ekstraselular, dan membentuk serat pada tendon dan ligaments. Sementara di dalam sel, tubulin membentuk mikrotubuli yang kaku dan panjang dan actin membentuk filamen yang mensupport plasma membran. Alpha keratin membentuk fiber yang mendukung epithelial sel dan merupakan protein utama pada rambut dan tanduk.

Protein sebagai transport (perhubungan). Fungsi: membawa molekul-molekul kecil dan ion-ion. Dalam aliran darah merah, serum albumen membawa lipid, hemoglobin membawa oksigen, dan transferrin membawa iron (zat besi). Banyak protein yang menempel di plasma membran, contohnya glucose carrier, membawa glucosa keluar dan masuk di sel hati; Ca2+ pump pada sel otot memompa Ca yang di perlukan untuk kontraksi otot, ke endoplasmic reticulum (tempat penyimpanan Ca).

Protein sebagai penggerak (motor). Fungsi: Penggerak pada sel dan tisu. Myosin pada sel otot skeletal menyediakan kekuatan untuk bergerak pada manusia. Kinesin berinteraksi dengan mikrotubule untuk menggerakkan organel dalam sel. Dynein, menggerakkan cilia dan flagela.

Protein sebagai Enzyme. Fungsi: mengkatalis pecahnya ikatan kovalen. Sel-sel hidup terdiri dari ribuan enzim yang berbeda, setiap enzim mengkatalis (mempercepat) sebuah reaksi. Contohnya tryptophan synthetase yang membuat asam amino tryptophan. Pepsin mendegradasi protein di lambung, DNA polymerase, mengkopi DNA, protein kinase menambahkab phospate group ke molekul protein.

Protein sebagai penyimpanan. Fungsi: menyimpan molekul-molekul kecil dan ion-ion. Zat besi di simpan dalam hati oleh ferritin yang merupakan protein kecil. Ovalbumin pada putih telur di gunakan sebagai bahan asam amino dalam perkembangan makhluk berjenis burung. Casein pada susu adalah sumber asam amino pada bayi mamalia

Protein sebagai sinyal. Fungsi: membawa sinyal dari sel ke sel. Banyak hormon dan growth factor yang nerupakan koordinat fungsi fisiologi dalam tubuh kita adalah protein, contohnya insulin merupakan protein kecil yang mengontrol kadar gula darah. Netrin berfungsi untuk pertumbuhan sel saraf terhadap direksi khusus dalam perkembangan embryo. Nerve growth factor (NGF) menstimulasi beberapa tipe sel saraf untuk berkembangnya axon, epidermal growth factor (EGH) menstimulasi tumbuh dan membelahnya sel epithelial

Protein sebagai penerima (receptor). Fungsi: mendeteksi sinyal dan transmisinya ke mesin responsi sel. Rhodopsin pada retina yang mendeteksi cahaya, acethylcholine receptor pada membrane sel otot menerima sinyal kimia yang dilepaskan dari ujung-ujung saraf. Insulin receptor mengizinkan sel hati dalam merespon hormon insulin dengan mengambil glucosa. Adrenergic receptor pada otot jantung mempercepat detak jantung dengan mengikat ke adrenalin.

Protein sebagai regulasi gen. Fungsi: sebagai tombol DNA untuk on atau off. Contoh di sini adalah lactosa repressor pada bakteri, menghentikan gen yang menghancurkan gula laktosa. Berbagai homeodomain protein beraksi sebagai “genetic switches” untuk mengontrol perkembangan multiselular organisma, termasuk manusia.

Protein dengan fungsi khusus. Fungsi: sangat bervariasi. Organisma ini membuat protein dengan properti yang sangat khusus. Protein anti beku (antifreeze) terdapat pada darah ikan-ikan yang hidup di Artik dan Antartika yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kebekuan. Protein fluorescent pada jellyfish dapat memancarkan cahaya hijau.

Keterangan warna huruf: Merah menunjukkan fungsi protein dan warna-warna lainnya untuk nama-nama protein.

Dari: Alberts et al.

3 comments:

@eerlinda2005