Wednesday, April 3, 2019

Cayenne, bara cabe keriting merah

Ilustrasi: iStock


Beberapa tahun silam, saya lagi ngantri untuk memesan makan siang, tiba-tiba seorang ibu di depan minta ekstra kemasan kecil cabe bubuk, double ekstra!

Diambil sambelnya aja Bu, banyak pilihan, lagian level pedes dan rasanya bisa pilih” saya memberi saran.

Oh, ini buat ngilangin nyeri, perut saya lagi gak enak” si Ibu menjawab dengan suara parau (=serak).
Hmm, apa si Ibu tidak salah???

Suara parau si ibu itu nge”buzzing” lagi di alam bawah sadar saya begitu membaca artikel dan melihat iklan berbagai khasiat cabe...

Menurut pakar botani, cabe-cabean digolongkan dalam satu genus Capsicum (family Solanaceae). Jenis genus ini paling banyak digunakan sebagai bahan penyedap di arena cuisine seantero dunia. Lebih dari tiga perempat penghuni bumi ini adalah pemakan cabe. Si pedas yang sudah eksis sejak 7000 sebelum masehi, dengan sejarahnya yang panjang baik sebagai bahan perasa, pewarna, pengawet, juga obat-obatan.

Capsaicin adalah zat atau “sesuatu” yang bertanggungjawab atas rasa PEDAS pada jenis tumbuhan genus Capsicum ini. Jadi makin besar kandungan capsaicin dalam cabe-cabean, artinya si cabe akan terasa semakin pedas. Cabe mengandung lebih dari 200 aktif komponen yang bisa diidentifikasi, dan beberapa di antaranya berperan ganda di dalam tubuh. Capsaicin adalah major senyawa yang aktif dari komponen tersebut.

Ada ribuan varietas yang berbeda dari capsicum atau cabe-cabean ini, berbeda warna, bentuk, dan level kepedasannya. Dari semuanya, yang paling dominan adalah jenis Capsicum annuum, sejenis cabe keriting, yang punya nama lain yaitu cayenne.

Di bawah ini adalah cayenne dalam bentuk bubuk, seperti yang dimaksud si Ibu itu, ditelan buat mengurangi rasa nyeri. Si Ibu selalu mengkonsumsi bubuk ini, seperti juga diyakini oleh beberapa teman bahwa cabe bisa meringankan maag, tenggorokan perih, flu, batuk, dan mencairkan dahak. Selain itu, buat yang produksi air liurnya sedikit, cabe dapat membantu memproduksi air liur untuk optimal kesehatan mulut.

Cayenne (cabe keriting) yang sudah dihaluskan yang mengandung capsaicin

Cabe memang memberi efek “buzz” dan cabe selalu hadir di resep-resep tradisional setiap daerah, Walaupun manfaat cabe bisa meringankan rasa sakit, namun (biasanya karena berlebihan) cabe juga bisa memberikan efek yang tidak nyaman, seperti pusing, diare, nyeri lambung, atau masalah pencernaan lain.

Pedasnya cabe ini juga digunakan oleh polisi sebagai bahan self defense dari kerumunan massa (pepper spray) sehingga memberi efek sulit bernafas dan perih selama 20 menit.

63 comments:

  1. Cabe ternyata banyak manfaatnya ya. Tapi, kalau saya mau makan cabe untuk menghilangkan nyeri, adanya nyerinya malahan pindah ke mulut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mbak Dyah ga bsa makan pedes yaa..?? Berarti mbak ga bsa merasakan sensasi cabe di mulut yang juga dapat menghilangkan rasa nyeri....
      Sebenarnya sih cayenne udah ada dalam bentuk kapsul mbak, ga berasa apa-apa di mulut.... tapi kalo kebanyakan atau tidak cocok ya bsa bolak balik toilet...
      Cabe memang banyak manfaatnya mbak, tentang manfaatnya akan saya tulis di artikel berikutnya...thanks mbak

      Delete
  2. mungkin ini juga yang sering dijadikan cabe Kering terus di giling jadi bubuk juga ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, kebutuhan cabe cayenne ini, kita menyebutnya cabe keriting, setelah dikeringkan dan digiling banyak dipenuhi oleh India untuk dijadikan pill atau kapsul

      Delete
    2. kapsul cabe? kalau mau bikin sambal jadi lebih praktis ya mbak? hehehe...

      Delete
    3. Kok manggilnya om, sih ... 🤔 ?.

      Kak Lantana kan cewek.
      Udah gitu, cantik pulaaak 😁.
      Ya ngga, kak ?
      Hehehe ..

      Delete
    4. Iya Om Himawan, sudah saya koreksi. hihih...
      maklum om, saya ini sering grogi klo mampir ke blog cew cantik, wkwkwwk,,,,

      Delete
  3. saya juga pernah baca dan menulis artikel tentang cabai. Kandungan Capsaicin bisa bermanfaat bagi kesehatan asalkan digunakan dalam dosis yg tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerkah? Apa artikel mas tentang cabe saya skip? atau saya belum BW ke mas saat itu?
      Yang saya ingat artikelnya kang nata, kalau ga salah tentang pengalaman kang nata sakit gigi dan diobati dengan cabe
      Ntar saya ke blognya mas Aris yaaa nyariin cabenya mas, karena artikel tentang cabe dan capsaicin ini belum selesei, ada beberapa artikel lanjutan lagi...:)

      Delete
    2. Hahaha maksud saya gini mbak, artikel saya ttg cabai fokus tentang rasa pedasnya yg bikin nafsu makan (yg barusan mbak bw)...maaf kalau komen saya diatas mungkin kurang pas....
      Tentu saja artikel mbak ini beda sekali dgn punya saya, hanya sama2 pernah menyebut kata Capsaicin.....salam damai mbak :D

      Delete
  4. ampun saya dek kalau harus makan cabe, sedangkan makan kecap aja saya keringatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan garam kali yak biar ga keringatan. Garam himalaya boleh juga.

      Delete
    2. Kacian, yang tukang jalan dan makan ga bisa makan cabe...:(

      Abang Ichal ada benarnya juga ni


      Delete
    3. ah masa sih?? padahal saya asal koment lho...

      Delete
    4. lambung udah cape makan pedes nggak mau kompromi

      Delete
  5. kalau bahannya cabe mengapa namanya pepper spray ya? hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahannya dalam bentuk liquid sehingga bsa disemprot gitu...karena bahannya dari chili pepper, jadinya mereka menyebutnya pepper spray...bahan dasarnya bsa saja cayenne pepper atau habanero pepper yang lebih panas lagi, tapi tidak peppercorns (black pepper atau white pepper)

      Delete
  6. Mbaaaa... kalau cabe-cabean yang suka naik motor itu beda ya? wkwkwkkwkw
    Jadi ingat waktu SMP, ada pelajaran apa ya, yang intinya kami disuruh menanam cabe di kebun sekolah.
    Trus dijelasin banyak banget kegunaan cabe.

    Cuman kalau di Sulawesi cabe tuh pedes banget, soalnya kebanyakan cabe rawit, pedasnya nampol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhua..hahhaaa ..
      Ini kak Rey kok ..., malah menyebut para cabe~cabeaaan siih yaaa ...
      Wwwkkk 🤣

      Ada-ada aja, deh .. , jadi refleks ngakak bacanya 😅!

      Delete
    2. Cabe-cabean. Cuma nambah satu kata kok artinya jadi jauh beda ya mbak hehehe

      Delete
  7. wah kayaknya ini pedas banget ya kak cabe nya, nggak berani makan cabe banyak kak saya takut diare hhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ntar kalo makan yang jenis cayenne ini jangan banyak-banyak

      Delete
  8. kak lantana,, aku salah satu penyuka banget yang namanya cabe.. bukan cabe cabean yaa.. rasanya kalau makanan tanpa cabe hambar ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...okay, suka cabe, bukannya cabe cabean....;) I see...

      Delete
  9. Ya ampuuun, kaaak ....
    Aku terlanjur ketawa ngakak guling~guling (pake acara salto juga) gegara baca beberapa komentar lucu-lucu diatas ...
    Wwwkkkk 🤣

    Aku baru ngeh kalau ternyata fungsi cabe itu bisa juga buat mengobati maag dan beberapa penyakit lainnya ...
    Pengin kucobain, karena aku ada gejala maag, tapi rada takut juga ngga kuat pedasnya ..., coz pasca operasi usus buntu, pencernaanku rada-rada sensitif gitu kalau makan kepedesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketawa gegara ada comment saya tentang cabe cabean kah kak himawant? kkwkkw.. emang banyak juga ya khasiat cabe dari yang idah dibaca diatas..

      Delete
    2. @mas Hino: kalo usus buntu katanya ga bo boleh makan cabe, itu yang saya denger, ada juga yang bilang biji cabe mengakibatkan usus buntu...ya, ini mah, mesti dijauhin oleh mas..

      @mbak: Beda tipis antara cabe dan cabe cabean mbak..., so khasiatnya juga beda...tapi sama HOT kali ya....

      Delete
  10. saya pilih yang sedang aja kak pedas nya, takut kalau kepedesan bisa berkeringat hehee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi ga mau keringetan yaa yang sedang sedang aja

      Delete
  11. saya kurang suka cabe Mbak, #aslinya sich membiasakan diri makan tanpa cabe, biar ngak ngaruh ketika harga cabe naik setinggi langit,hahahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar selera makannya ga turun ya kang, setinggi apa pun naiknya harga cabe

      Delete
  12. Capsaicin... kayak nama orang Mandarin. WKWKWKWKWKWK :v

    ReplyDelete
  13. bagi yang suka pedas-pedas sepertinya perlu mencoba cayenne bara cabe keriting merah ini, agar tahu sensasinya mencicipi masakan yang pedas nya mantap :)

    ReplyDelete
  14. Makan tanpa cabe itu rasanya hambaaaarrrrr....kurang nendang rasanya.

    ReplyDelete
  15. Ternyata capsicum yang mendominisasi cabe menjadi pedas...

    Tetapi walaupun pedas ternyata bilah lambung kita normal makan-makanan pedas juga banyak mengandung manfaat..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capsicum mengandung unsur yang bsa meredakan sakit, sehingga memberikan banyak manfaat selain sensasi rasa yang diberikannya

      Delete
  16. sepertinya cocok ini cabe untuk bikin ayam geprek, soalnya biasanya ayam geprek sambalnya mantap pasti pedas, sehingga pas dan maknyus di lidah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deangan cabe keriting merah ini, ayam geprek dijamin maknyus deh

      Delete
  17. Baru baca aja aku udh ngilu banget kak, aku paling ga bisa makan pedes, tapi suamiku penggila makanan pedes, hadeh, bertolak belakang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang emang masih bertolak belakang, ntar mbak Meta pasti nyesuaikan ama suami...ngilunya liat cabe merah jadi hilang...

      Delete
  18. Cabe cayenne itu seperti nama cabe meksiko bukan ya? Sering dengar sih, tapi ngetop tu cabe Jalapenos yah,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, dari sekitar Amerika Latin sana. Cayenne ini seperti cabe keriting di kita, kalau Jalapeno besar dan gemuk, dagingnya tebal, dan tidak begitu pedas. Iya ni, koq jalapeno bsa lebih ngetop ya mbak?

      Delete
  19. Wah...benarkah cabe itu bisa meringankan maag? Kebetulan saya punya sakit maag tapi malah takut kalau makan pedes2an. Apa nggak apa untuk cabe yang satu ini?

    ReplyDelete
  20. cabe keriting memang sudah sejak lama terkenal pedas nya mantap, tapi harga per kilo nya bisa bikin ibu ibu rumah tangga mengeluh karena saking mahal nya :D

    ReplyDelete
  21. Kalau saya sudah tidak kuat cape. Perut langsung mules jadinya. maka sekarang saya menghindari makanan yang terlalu pedas.

    ReplyDelete
  22. Orang minang pasti suka nih

    Apalagi di kalangan orang asli yang gemar makanan pedes wkwk.
    Ga ada garam, nggak apa-apa. ggak ada sayur nggak apa-apa
    Yang penting ada pedes-pedes nya wkwkwk

    ReplyDelete
  23. seandainya saya punya sawah yang luas, pengen juga menanam cabe keriting agar bisa dijual karena harga nya lumayan untuk ditabung ya kak ;)

    ReplyDelete
  24. Bagi yang sudah kenal rasa cabai, makanan menjadi hambar kalau ga ada rasa pedas dari cabai. Tapi malah baru tahu kl cabe bisa untuk sakit tenggorokam dan maag...seperti berkebalikan ya, antara rasa dengan manfaatnya..he3

    ReplyDelete
  25. Wah ternyat zat yang dikandung cabai banyak khasiatnya ya antara lain meredakan nyeri, mengurabgi sakit flu, mengencerkan dahak di saat batuk. Wah tapi pernah pas aku lagi batuk kena cabai sedikit aja langsung aku batuknya terusan kak, kalau lagi batuk tenggorokanku jadi sensitif kak.

    ReplyDelete
  26. cabe merupakan bumbu pokok yang wajib ada ya kak untuk membuat masakan lebih enak dan mantap, sehingga keberadaannya selalu ditunggu oleh ibu ibu, dan sangat disayangkan kalau harga nya mahal, ini yang jadi dilema bagi para ibu ibu, tapi disisi lain para petani cabai banyak yang untung :)

    ReplyDelete
  27. Dulu saya suka banyk makan cabe/sambal. Terus, suatu waktu pilek kan, terus ngebakso cabenya buanyak banget. Besoknya keserang maag, dan harus disuntik hahaha. Sekarang ditakar-takar, tidak berani terlalu banyak lagi :D

    ReplyDelete
  28. Ternyata bisa juga buat obat ya, saya rasa cabe cuma bisa buat sambal, kalau saya selain sedia cabe juga dirumah nanam cabe dalam pot karena gak ada lahan tapi sekeluarga suka pedes, kalau kakak gimana?

    ReplyDelete
  29. Cabai ini pedesnya nggak ada apa2nya dibandingkan Habanero ya mbak

    ReplyDelete
  30. Aku termasuk penggila cabai nih haha kudu nyobain yang satu ini dong ya. kalau makan ga ada cabe rasanya hampa, seperti patah hati hihihi. Konon katanya, makan cabe sering2 bisa meningkatkan nasfu dll. Ada baik dan buruknya juga. Jangan makan cabe begini di pagi hari saat akan beraktivitas ya ngeri sakit perut :D

    ReplyDelete

  31. mari bergabung dengan kami di ionqq_com
    menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera bergabung yuk dengan kami ^^

    ReplyDelete
  32. Wah baru tau kalo berkhasiat untuk meringankan maag juga.
    Kalo dirumah malah dilarang makan pedes-pedes untuk menghindari maag

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

@eerlinda2005